Dalil-dalil Sifat Wajib Bagi Allah (Bagian 1)

 
Dalil-dalil Sifat Wajib Bagi Allah (Bagian 1)
Sumber Gambar: Foto Istimewa

Laduni. ID, Jakarta - Dalam Islam khususnya aliran Ahlusunah wal Jama'ah meyakini bahwa Allah memiliki sifat dengan sifat-sifat yang sempurna. Sifat-sifat bagi Allah dan para Rasul ini kemudian dikenal dengan Aqidah Seket (Aqidah 50) sebagaimana diterangkan dalam beberapa kitab-kitab akidah Ahlusssunnah wal Jama'ah yaitu tentang sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah, dan bagi para Rasul. Dalam faham Ahlussunah wal Jama'ah setiap muslim wajib atau setidaknya berusaha untuk mengetahui dan hafal aqidah 50 ini yang terdiri 20 sifat wajib bagi Allah, 20 sifat mustahil bagi Allah, 1 sifat jaiz bagi Allah, 4 sifat wajib bagi Rasul 4 sifat mustahil bagi Rasul, dan 1 sifat jaiz bagi Rasul.

Menurut para ulama, sifat-sifat wajib bagi Allah yang 20 diklasifikasikan atau dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu:

1. Sifat Nafsiyah: Adalah sifat yang berhubungan dengan Dzat Allah, yang masuk dalam kelompok sifat nafsiyah yaitu sifat wujud.
2. Sifat Salbiyah: Adalah sifat yang menafikan semua sifat yang tidak layak bagi kesempurnaan Dzat Allah.Sifat ini mensucikan allah dari sifat-sifat yang tidak pantas bagi-Nya. Sifat Salbiyah ini ada lima, yaitu: qidam, baqa’, mukhalafatu lil hawaditsi, qiyamuhu binafsihi, dan wahdaniyat.
3. Sifat Ma'ani: Adalah sifat- sifat abstrak yang wajib ada pada Allah. Yang termasuk sifat ma’ani ada tujuh yaitu: qudrat, iradat, ‘ilmu, hayat, sama', bashar, dan kalam.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN