Semangat Menjalankan Ibadah Niscaya Allah Memudahkannya

 
Semangat Menjalankan Ibadah Niscaya Allah Memudahkannya
Sumber Gambar: cuivie / Pixabay (Ilustrasi semangat ibadah)

Laduni.ID, Jakarta - Seringkali kita jumpai banyak orang di sekeliling kita, bahkan mungkin kita sendiri, merasa terbebani dengan adanya kewajiban pada agama, padahal Allah menjelaskan dengan jelas dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj ayat 78, bahwa agama ini sangatlah mudah untuk dijalankan, Allah tidak pernah membebani hambanya dengan hal-hal di luar kemampuannya.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa Allah benar-benar memberi keringanan pada hamba-Nya dalam menjalankan agama, seperti halnya dalam kewajiban shalat, Allah memerintahkan kita untuk berdiri dalam melakukan shalat, namun tidak semutlak itu, bagi orang yang sakit dan tidak mampu, Allah memberikan solusi, ia diperbolehkan untuk duduk, bila tidak mampu maka ia boleh berbaring dan seterusnya.

Begitupun ketika kita melakukan perjalanan jauh, Allah memberikan keringanan pada kita berupa syariat Qashor dan Jama’, pun juga kebolehan untuk tidak berpuasa. Alllah pun juga selalu memberikan solusi bagi hamba-hambaNya yang terlanjur melakukan dosa, entah melalui taubat ataupun kafarot. Ini sangatlah mudah, bila dibandingkan dengan syari’at Bani Israil pada zaman nabi Musa AS, yang harus bertaubat dengan cara bunuh diri.

Allah juga melipatkan gandakan pahala kebaikan kita dengan 10 kali lipat bahkan lebih, dan hanya menghitung keburukan kita dengan 1 kali lipat, seperti yang Allah jelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-An’am : 160

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN