Empat Amalan Baik di Bulan Dzulhijjah

 
Empat Amalan Baik di Bulan Dzulhijjah
Sumber Gambar: id.pngtree.com (ilustrasi foto)

Laduni.ID, Jakarta - Salah satu bulan istimewa selain bulan Ramadhan adalah Djulhijah. Sebagai umat muslim yang senantiasa mengharapkan ridha dari Allah SWT, maka tidak akan menyia-nyiakan bulan ini.

Hanya tinggal menghitung jam, kita akan memasuki 1 Dzulhijah 1443 Hijriyah yang jatuh pada hari Jumat pon tanggal 1 Juli 2022. Ketetapan itu sebagaimana ikhbar yang telah dilakukan oleh tim Rukyatul Hilal Nahdlatul Ulama pada Rabu 29/06/2022.

Bulan Dzulhijah memiliki keistimewaan sebagaimana yang disebutkan dari Ibnu Abbas Radiyalluhu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada hari dimana suatu amal shalih lebih dicintai Allah melebihi amal shalih yang dilakukan di sepuluh hari pertama Dzulhijah,”

Berikut ini amalan-amalan yang dapat dilakukan di bulan Dzulhijah:

1. Amal Shaleh

Disunnahkan melaksanakan segala bentuk ketaatan yang disebut sebagai amal shaleh pada sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah. Amal shaleh itu tidak terbatas pada amalan tertentu saja, sehingga amalan tersebut bisa berupa shalat, sedekah, membaca Qur’an, dzikir, puasa, dan amalan lainnya.

Hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Ahmad menjelaskan bahwa amal...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni