Puasa Tarwiyah dan Arafah: Niat dan Keutamaanya

 
Puasa Tarwiyah dan Arafah: Niat dan Keutamaanya
Sumber Gambar: mohamed_hassan / Pixabay (ilustrasi foto berdoa)

Laduni.ID, Jakarta - Menjelang hari raya Idul Adha, ada beberapa amalan puasa sunah yang dapat dikerjakan oleh seluruh umat muslim yaitu puasa Tarwiyah dan Arafah.

Puasa tarwiyah dan arafah adalah puasa sunah yang dilaksanakan di bulan dzulhijjah, tepatnya yaitu dua hari sebelum tanggal 10 dzulhijjah (Idhul Adha). Puasa tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 dzulhijjah, sedangkan puasa arafah dilaksanakan pada tanggal 9 dzulhijjah.

Mengenai puasa sunah Tarwiyah dan Arafah, memang hukumnya adalah sunnah, dan bagi siapapun yang tidak melaksanakan juga tidak akan mendapatkan dosa ataupun siksaan. Akan tetapi perlu kita ketahui, bahwa puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan puasa sunah yang sangat dianjurkan, agar kita dapat turut merasakan nikmatnya seperti yang dirasakan oleh para jama’ah haji.

Pelaksanaan puasa Arafah pada tanggal 9 dzulhijjah adalah bertepatan dengan hari dimana para jama’ah haji sedang melaksanakan wukuf di arafah, sedangkan puasa tarwiyah yaitu bertepatan pada hari sebelum melaksanakan wukuf. Banyak manfaat dan keutamaan yang bisa kita dapatkan apabila kita melaksanakan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah. Namun sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dan keutamaannya, kita juga perlu tahu bagaimana niatnya dan tatacara melaksanakannya.

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Untuk niat, sebenarnya tidak harus menggunakan bahasa arab, yang terpenting adalah niat dalam hati dan kita faham dengan niat kita. Namun akan lebih afdhol apabila kita melafalkannya dalam bahasa arab dan juga tahu arti serta maknanya. Berikut ini niat puasa tarwiyah dan arafah:

Niat puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah)

ﻧﻮﻳﺖ ﺻﻮﻡ ﺗﺮﻭﻳﻪ ﺳﻨﺔ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

Nawaitu Shouma Tarwiyah Sunnatan Lillahita’ala

Artinya: “Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala”.

Niat puasa Arafah (9 Dzulhijjah)

ﻧﻮﻳﺖ ﺻﻮﻡ ﻋﺮﻓﺔ ﺳﻨﺔ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

Nawaitu Shouma Arafah Sunnatan Lillahita’ala

Artinya: “Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala”.

Adapun keutamaan dari puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah di bulan dzulhijjah ini sangatlah banyak. Apabila kita mampu melaksanakannya dengan niat yang benar dan sungguh-sungguh karena Allah, maka kita bisa mendapatkan keutamaan dan manfaat tersebut.

Salah satu manfaat dan keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah yaitu sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadis yang artinya: “Puasa hari Tarwiyah akan menghapuskan dosa setahun, puasa hari Arafah akan menghapuskan dosa dua tahun” .

Hadis penjelasan di atas tercantum dalam kitam Kanzul Ummal, Jami’ Imam Suyuthi, diriwayatkan Ibnu Hibban dalam kitab Al-Tsawab. Namun ada perbedaan pendapat dikalangan ulama. Ada sebagian ulama yang mengatakan hadis tersebut adalah hadis dhoif, namun sebagian ulama lagi mengatakan hadis tersebut hadis marfu’.

Wallahu A’lam Bishowab