Makna Ilmu yang Bermanfaat

 
Makna Ilmu yang Bermanfaat
Sumber Gambar: Ron Lach / Pexels / Laduniid (Ilustrasi foto)

Laduni.ID, Jakarta - Mengutip dari buku “Wanita Siapakah Menjadi Tiang Negara” karya tulis Rohaeti, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang menjadikan seorang muslim mengetahui tugas, fungsi, dan peranan di muka bumi sehingga, ia menjadi lebih dekat dan cinta kepada Allah SWT.

Tidak hanya di dunia, ilmu yang bermanfaat tidak akan terputus pahalanya akan kekal selama di dunia dan di akherat, seagaimana Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara yakni sekedah jariyah, doa anak yang shalih, dan ilmu yang bermanfaat.” (HR. Muslim)

Dalam kitab kifayatul atqiya’ halaman 67 disebutkan bahwa ilmu yang bermanfaat adalah akan menambah rasa takut kepada Allah.

هو ما يزيد في خوفك من الله وفي تبصيرك بعيوب نفسك ويقلل من رغبتك في الدنيا ويزيد في رغبتك في الاخرة ويفتح بصيرتك بافات اعمالك حتى تخترز منها ويطلعك على مكايد الشيطان وغروره

ilmu manfaat yaitu ilmu yang menambah rasa takutmu pada Allah, menambah perhatianmu pada aib-aib diri kamu, meminimalisir rasa cintamu pada dunia. (memaksimalkan rasa cintamu) pada akhirat. dan membuka pandanganmu akan akibat buruk dari amal yang telah kamu lakukan hingga lubang-lubang yang kamu lakukan dari amal kamu. dan memperlihatkan padamu terhadap bisikan, rekayasa dan tipudaya setan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN