Pesantren Darussalamah Balerante, Cirebon

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Darussalamah Balerante, Cirebon

PROFIL  
Pondok Pesantren Darussalamah Balerante Palimanan Cirebon adalah salah satu lembaga di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam Darussalamah yang didirikan oleh KH. Abdullah Jauhar serta Ibu Nyai Salamah padatahun 1985. Dan dari tahun 1994 sampai dengan sekarang, estafet kepengasuhan diemban oleh KH. Zaenal Arifin Tahmid bersama Nyai Hj. Iis Aisyah.

Pondok Pesantren Darussalamah merupakan salah satu pesantren yang mengintegrasikan pendidikan salaf dan formal dengan lingkungan yang sangat kondusif untuk mempelajari dan menghafal al-Qur’an.

SEJARAH
Pondok Pesantren Darussalamah yang berdiri pada tahun 1985. Memiliki sejarah yang unik, dimana nama Darussalamah ini diambil dari dua suku kata, yaitu “Dar” dan “Salamah”. “Dar” berarti Rumah, dan “Salamah” berarti Salamah. Yaitu nama seorang istri K. Abdullah Jauhar. Jadi Darussalamah berarti Rumah Ibu Salamah. Nama ini diberikan oleh KH. Ali Fahmi Syarief, BA (salah satu pendiri), sebagai upaya mewujudkan cita-citanya, untuk memiliki banyak anak, karena pada saat itu Ibu Salamah (istrinya K. Abdullah Jauhar) tidak memiliki anak. Kata Darussalamah tidak dinisbatkan kepada suatu nama surga, yaitu surga Darussalam.

Awal pendirian Pondok Pesantren Darussalamah, termotifasi oleh sebuah pemikiran cerdas KH. Ali Fahmi Syarief, BA, yang berorientasi pada sikap antisifatif dalam menghadapi sebuah sosiokultural pada saat itu, yang terkesan epigon, jumud dan tidak dinamis.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.