Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 16

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 16
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh.

Laduni.ID, Jakarta - Di antara banyak ajaran Islam, ajaran takwa harus selalu dipesankan dan diaktualisasikan dalam kehidupan nyata. Mengapa? Karena pesan takwa itu sangat vital, menjadi salah satu rukun bagi keabsahan khutbah dan salat jumat yang dilaksanakan. Dan ditegaskan Imam al-Mubârakfȗrî (1283-1383 H), dalam kitabnya Tuhfat al-Ahwadzî bi-Syarh Jâmi‘ al-Tirmîdzî (Juz VI, hlm. 104), “Fainna al-taqwâ asâs al-dîn, wa-bihi yurtaqâ ilâ marâtib al-yaqîn, karena sungguh takwa adalah pondasi agama, yang dengannya seseorang diangkat kepada tingkat-tingkat keyakinan. Dengan takwa itulah banyak hikmah yang sungguh penting yang diraih bagi orang-orang yang bertakwa (muttaqîn).

Apa sejatinya makna takwa? Syaikh Mushthafâ Dîb al-Bughâ dan Syaikh Muhyiddîn Mistȗ dalam kitab al-Wâfî fî Syarh al-Arba‘în al-Nawawiyyah (hlm. 214) menjelaskan makna takwa dan urgensi pesan atau wasiat takwa: “Wasiat Takwa:

Takwa adalah melaksanakan semua perintah dan menjauhi semua larangan. Ketakwaan ini merupakan perintah syar’i. Rasulullah, dalam memberikan pesan, senantiasa menitikberatkan masalah ketakwaan,...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni
 

 
 

Silakan menyampaikan komentar, testimoni, pengalaman terhadap beliau.

Memuat Komentar ...