Biografi Imam Ash Shan’ani

 
Biografi Imam Ash Shan’ani
Sumber Gambar: foto ist

Daftar isi Biografi Imam Ash Shan’ani

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Pendidikan
2.1  Masa Menuntut Ilmu

3.    Memberi Khutbah di Masjin Shan'a

4.    Karya

5.    Referensi

1. Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Imam Ash Shan’ani lahir pada tahun 1059 hijriyah di daerah yang bernama Kahlan dan kemudian beliau pindah bersama ayahnya ke Kota Sha’a ibukota Yaman.

1.2 Wafat

Imam Ash Shan’ani wafat pada hari ketiga bulan Sya’ban tahun 1182 H pada umur beliau 123 tahun.

2. Pendidikan

2.1 Masa Menuntut Ilmu

Beliau menimba ilmu dari ulama yang berada di kota Shan’a lalu kemudian beliau rihlah (melakukan perjalanan) ke Kota Makkah dan membaca hadis dihadapan para ulama besar yang ada di Makkah dan Madinah.

Beliau menguasai berbagai disiplin ilmu sehingga beliau mengalahkan teman temannya seangkatannya. Beliau menampakkan kesungguhannya, berhenti ketika ada dalil, jauh dari taklid dan tidak memperdulikan pendapat pendapat yang tidak ada dalilnya.

3. Memberi Khutbah di Masjid Shan'a

Khalifah Al Manshur yang termasuk penguasa Yaman mempercayakan kepada beliau untuk memberikan khutbah di Masjid Jami’ Shan’a. Beliau terus menerus menyebarkan ilmu dengan mengajar, memberi fatwa, dan mengarang. Beliau tidak pernah takut terhadap celaan manusia ketika beliau berada dalam kebenaran dan beliau tidak memperdulikan dalam menjalankan kebenaran akan ditimpa ujian, sebagaimana telah menimpa orang orang yang mengikhlaskan agama mereka untuk Allah, beliau lebih mendahulukan kerihaan Allah diatas keridhaan manusia.

Sangat banyak orang orang yang datang menimba ilmu dari beliau, mulai dari orang orang yang datang menimba ilmu dari beliau, mulai dari orang orang yang khusus maupun masyarakat umum, mereka membaca dihadapan beliau berbagai kitab kitab hadis dan mereka mengamalkan ijtihad ijtihad beliau serta menampakkannya kepada orang orang.

4. Karya

Beliau memiliki banyak karangan, diantara karangannya adalah:

  1. Subulus salam
  2. Minhatul Ghaffar
  3. Syarhut Tanfih Fi Ulumil Hadits dan lain lain.

Beliau memiliki karangan karangan yang lain yang ditulis secara terpisah yang seandainya dikumpulkan maka akan menjadi berjilid jilid.

Beliau memiliki syair yang fasih dan tersusun rapi yang kebanyakan berisi tentang pembahasan pembahasan ilmiah dan bantahan terhadap orang orang di zaman beliau.

5. Referensi

Disalin dari kitab That-hirul I’tiqad ‘an Adranis Syirki wal Ilhad, karya Al- Imam Ash-Shan’ani rahimahullah, penerjemah Abu ‘Athiyyah as Sorawaky, Muraja’ah Al Ustadz Abu Abdirrahman Ibn Yunus. Penerbit Gema Ilmu, 1427 H

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya