Biografi Syekh Syamsuddin al-Wasil ( Mbah Wasil Setono Gedong) Guru Spiritual Raja Jayabaya

 
Biografi Syekh Syamsuddin al-Wasil ( Mbah Wasil Setono Gedong) Guru Spiritual Raja Jayabaya

Daftar Isi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
1.2  Wafat

4.  Perjalanan Dakwah Syaikh Syamsuddin al-Wasil

5.  Keteladanan Syaikh Syamsuddin al-Wasil

7.  Referensi

 

1   Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir

Syekh Syamsuddin al-Wasil lahir sekitar abad 12 M sebagai ulama besar asal Negeri Ngerum/ Rum ( Persia). Beliau mempunyai beberapa nama lain diantaranya :

  1. Pangeran Makkah
  2. Pangeran Arab
  3. Pangeran Ngerum
  4. Syekh Wasil
  5. Mbah Wasil
  6. Raja Pandhita
  7. Maulana Ngali Syamsujen atau Maulana Ali Syamsuddin

1.2  Wafat

Makam Syaikh Syamsuddin al-Wasil terletak di kompleks makam Setana Gedong, Kediri. Kompleks makam ini terletak di dalam Kota Kediri, tepatnya di pusat kota yang bisa dicapai dari Jalan Dhoho belok ke kanan, masuk kampung Setana Gedong. Sekitar 100 meter dari ujung kampung, terletak Masjid Setana Gedong. Kompleks makam Syaikh Syamsuddin al-Wasil terletak di barat laut masjid. 

2.  Perjalanan Dakwah Syekh Syamsuddin al-Wasil

Syekh Syamsuddin al-Wasil seorang ulama Islam yang datang dari negeri seberang. Historiografi Jawa menyebut : Syekh Syamsuddin al-Wasil berasal dari Negeri Persia atau biasa diucapkan Ngerum atau Rum. Beliau  konon  diutus  oleh  Raja  Persia (Rum) untuk  menjinakkan  tanah  Jawa  yang  banyak dihuni balatentara  jin-setan  dan  raksasa  atau  dhenawa,  yang pada  periode-periode  sebelumnya  telah mengalahkan serta  membunuh  sekitar  20.000  kepala  keluarga rombongan  utusan  Raja  Rum,  padahal di  dalam rombongan itu terdapat pula pasukan bersenjata. Istilah dhenawa  atau  raksasa  pada  masa  itu dipakai  untuk menyebut  pengikut  aliran  Bhairawa,  yaitu  salah  satu aliran dalam agama sinkretisme Syiwa-Budha. Salah satu utusan Raja Rum yang lain adalah yang dikenal sebagai Syekh  Subakir, yang  makamnya  berada  di  berbagai tempat di Pulau Jawa, dan dikenal sebagai Makam Dowo (makam yang panjang). 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya