Ziarah di Makam KH. Musta'in Romly, Ulama Visioner dari Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Musta'in Romly, Ulama Visioner dari Jombang

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Musta'in Romly beliau adalah ulama besar dari Jombang, selain sebagai pengasuh pesanten Darul Ulum, Rejoso Jombang beliau adalah Mursyid Tarekat di Jombang. Di bawah kepemimpinan beliau pesantren Darul Ulum Rejoso berkembang pesat dengan mengembangkan pendidikan formal hingga perguruan tinggi, hingga pesantren menjadi lembaga pendidikan terkemuka di Jombang.

Sosok KH. Musta'in Romly tak hanya dikenal sebagai pendidik. Beliau adalah ulama yang multitalenta. Selain visioner dan berwawasan luas, beliau adalah guru spiritual yang bersahaja, rendah hati, dan dikenal dengan kesalehannya.

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 22 Februari 2015 - 05:00 WIB oleh Nurcholis dengan judul "Raden Fatah, Khalifah untuk Tanah Jawa". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://daerah.sindonews.com/berita/966564/29/raden-fatah-khalifah-untuk-tanah-jawa?showpage=all#:~:text=Adipati%20Raden%20Fatah%20alias%20Jin,dan%20memerintah%20tahun%201500%2D1518.

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
- Android: https://sin.do/u/android
- iOS: https://sin.do/u/ios

Profil

KH. Musta’in Romly Adalah putra kedua KH. Romly Tamim, lahir di Rejoso pada tanggal 31 Agustus 1931 sejak kecil Beliau mendapat didikan langsung dari kedua orang tuanya. Dan baru tahun 1949 M, melanjutkan studi di Semarang dan Solo di Akademi Dakwah Al Mubalighin, di perguruan ini bakat kepemimpinannya amat menonjol sehingga pada waktu relatif singkat mengajak sahabat – sahabatnya yang berasal dari daerah Jombang, mendirikan Persatuan Mahasiswa Jombang.

 

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Musta’in Romly

 

Lokasi Makam

Makam KH. Musta’in Romly berada di komplek pemakaman keluarga di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso (Jombang).

Haul
Haul KH. Musta'in Romly diperingati pada bulan Jumadil Ula di pesantren Darul Ulum Rejoso, untuk tanggal haul beliau akan diberitahukan oleh pihak keluarga besar pesantren Darul Ulum Rejoso.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam KH. Musta’in Romly banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Jombang saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek pemakaman pesantren Darul Ulum, Rejoso, Jombang.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertwassul di makam KH. Musta’in Romly, maka segala hajat pasti akan diberi kemudahan dalam mencari rezeki yang berkah, seperti  bagi para santri maka akan diberi kemudahan mencari ilmu baik ilmu agama maupun ilmu dunia.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Jombang di antaranya:
Onde-Onde Kacang Merah, Bolu Plemben, Tahu Pong, Jambu Bol Gondang Manis, Kerupuk Beras, Jenang Kelapa Muda, Manik-manik Kaca, Brondong Ketan,Pia Kacang Ijo.