Bertengkar Terus Padahal Sudah Lamaran

 
Bertengkar Terus Padahal Sudah Lamaran
Sumber Gambar: Ilustrasi bertengkar, Akan nikah

Assalamuálaikum wr wb.
Salam kenal mbak Nur, saya V dari Pekalongan. Saya perempuan berusia 24 tahun dan sudah  bertunangan sejak bulan Juni 2022. Rencananya kami akan melangsungkan pernikahan pada awal tahun 2023. Namun, akhir-akhir ini kami sering sekali bertengkar bahkan hanya gara-gara masalah sepele. Saya bingung mbak Nur, kuatirnya saat menikah nantinya semakin menjadi-jadi pertengkaran kami. Bagaimana sebaiknya saya menyikapi hal ini? Terima kasih atas tanggapan yang diberikan.

Wassalamuálaikum wr wb.
V di Pekalongan.

Tanggapan:
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Halo V yang baik, selamat ya atas pertunangannya. Tidak sedikit pasangan yang bertengkar mendekati pernikahan mereka. Bahkan pernikahannya terancam gagal karena sering terjadi perbedaan pendapat yang mengakibatkan perselisihan yang berkepanjangan. Pernikahan merupakan ibadah yang terpanjang dan pahalanya adalah surga dari Allah, karena itu setan tidak menyukainya sehingga digodalah manusia dengan berbagai macam cara. Nah, sebagai hamba Allah yang beriman, tentunya harus meyakini bahwa itu adalah bagian ujian dari Allah. Kembalikan semua kepada Allah, dirikanlah sholat di sepertiga malam untuk memohon petunjuk Allah SWT.

Baca juga: Saling Komitmen untuk Menikah, Namun Pasangan Tiba-tiba Menghilang

Biasanya pertengkaran dipicu oleh kurangnya waktu untuk berkomunikasi, terlalu sibuk dengan pekerjaan atau teman sehingga merasa perhatian ke pasangan berkurang dan hal-hal yang lain. Mendekati pernikahan, biasanya akan muncul berbagai permasalahan lagi misalnya penentuan prosesi pernikahan, mungkin yang satu ingin yang simple yang satu ingin sesuai adat dengan segala aturannya. Kelelahan secara emosional ini bisa memicu pertengkaran. Namun, tidak selalu sering bertengkar itu tidak cocok lho.

Baca juga: Cemburu Tanda Sayang, Walaupun dengan Kekerasan

Ada sisi baiknya, kita jadi lebih mengenal diri kita sendiri dan juga diri pasangan. Berkompromilah dalam penyelesaian masalah sehingga bisa lebih mendewasakan diri kita. Kalian perlu untuk menentukan batas-batas penyebab pertengkaran kalian dan solusi yang mungkin akan diambil. Hal-hal apa yang bisa dimaafkan dan apa yang tidak bisa dimaafkan. Apabila keputusan untuk menikah diambil karena adanya harmonisasi dan keselarasan hubungan kalian berdua, maka pertengkaran mengenai persiapan menjelang pernikahan tentunya bukan menjadi halangan. Hal-hal di bawah ini bisa kamu lakukan untuk menghadapi pertengkaran kalian:

  1. Bicarakanlah hal-hal yang membuatmu kecewa, sedih atau marah dan buat kesepakatan untuk mengatasinya.
  2. Cobalah untuk saling terbuka, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran yang berlebih dan meningkatkan rasa percaya terhadap calon pasangan hidup.
  3. Belajar mengendalikan emosi dan kenali situasi-situasi yang memicu pertengkaran, sehingga siap menghadapinya.
  4. Latihlah relaksasi pernafasan dalam. Relaksasi pernafasan dalam bisa membantu kita lebih rileks, sehingga mampu berpikir jernih dalam mengambil keputusan.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu ya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun