Ziarah di Makam Sunan Drajat, Sang Wali Pujangga dari Lamongan

 
Ziarah di Makam Sunan Drajat, Sang Wali Pujangga dari Lamongan

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Sunan Drajat beliau adalah waliyullah yang mensiarkan agama islam di wilayat desa Drajat, di wilayah Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Sunan Drajat adalah murid dari Sunan Gunung Jati, setelah berguru beliau dikirim ayah beliau untuk mensiarkan dan berdakwah di wilayah Lamongan, Jawa Timur, beliau bersama pengikut beliau membuka lahan seluas 9 hektar. Berdasarkan petunjuk yang disampaikan Sunan Giri lewat mimpi, beliau menempati daerah sisi selatan perbukitan dan dinamai Ndalem Duwur, di desa Drajat, Paciran, Kabupaten Lamongan (kini menjadi komplek pemakaman).

Sunan Drajat juga mendirikan masjid agak jauh di bagian barat tempat tinggalnya, untuk dijadikan sebagai pusat dakwah dan menghabiskan sisa hidupnya di daerah tersebut.

Berkat kecerdasannya, beliau mampu memegang kendali otonomi atas wilayah perdikan Drajat melalui kerajaan Demak selama 36 tahun. Atas kesuksesannya tersebut maka orang-orang menyebut beliau dengan nama “Kadrajat” yang artinya terangkat derajatnya. Dari sebutan itulah akhirnya muncul nama Sunan Drajat. Selain itu, beliau juga mendapatkan gelar Sunan Mayang Madu (1520 M) dari Sultan Demak I, atas keberhasilannya dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN