Pesantren Khas Kempek Cirebon

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Khas Kempek Cirebon

Profil
Pondok Pesantren yang terletak kurang lebih 14 kilo meter arah barat kota Cirebon ini didirikan pada tahun 1908 oleh Mbah KH. Harun Putra pasangan KH. Abdul Jalil (Pekalongan) dengan Ny. Hj. Kamali (Kedongdong). Mbah KH. Harun adalah seorang ulama karismatis yang disegani keilmuannya terutama dalam penguasan Ilmu alat (Gramatika Bahasa Arab), Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf.

Beliau sendiri sepanjang hidupnya membaktikan seluruh waktu dan tenaganya untuk mengajarkan santri-santri kedua ilmu tersebut dan ilmu-ilmu kitab kuning lain yang kelak menjadi ciri yang tidak bisa dipisahkan dari Pondok Pesantren Kempek. Setelah Mbah KH. Harun wafat ( 23 Maret 1935 ) Pimpinan pesantren dipegang oleh putra beliau yang tertua yakni KH. Yusuf Harun.

Kepemimpinan Putra sulung Mbah KH. Harun ini berlangsung singkat, karena beliau keburu dipangil oleh Yang Kuasa menyusul Ayahanda tercinta. Kemudian setelah beliau meninggal, Pesantren diteruskan oleh adiknya KH. Umar Sholeh Harun dibantu oleh Saudara – saudaranya. Disaat inilah diperkenalkan pengajian baca Al Qur'an dengan pola khusus ala Kempekan. Pengajian baca Al Qur’an ala kempekan sampai saat ini juga merupakan keistimewaan Pesantren Kempek yang tidak ditemukan di pesantren lain.
Pengasuh
1. KH. Harun Putra
2. KH. Yusuf Harun
3. KH. Umar Sholeh Harun
4. KH. Aqil Siroj 
5. Buya H. Ja’far S. Aqil Siroj 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya