Info Harian Laduni.ID: 22 Desember 2023

 
Info Harian Laduni.ID: 22 Desember 2023

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Jum’at, 22 Desember 2023 bertepatan dengan hari wafat Habib Idrus bin Salim Al-Jufri (Guru Tua)

Habib Idrus bin Salim Al-Jufri (Guru Tua)

Habib Idrus bin Salim Al-Jufri lahir pada Hari Senin, 14 Sya'ban 1309 H /13 Maret 1892 M di Tarim, 5 kilometer dari Seiwun, Hadramaut, Yaman.

Dari pasangan Habib Salim bin Alwi bin Assegaf Al-Jufriy, seorang mufti di Hadramaut, dan Syarifah Noer adalah putri Raja Wajo, Sulawesi Selatan, yang bergelar Arung Matoa Wajo. Beliau adalah keturunan dari Baginda Nabi Muhammad SAW ke-39

Beliau mendapat pendidikan agama langsung dari ayah dan lingkungan keluarganya. Ayah beliau, Habib Salim adalah seorang Qadhi (hakim) dan Mufti (Ulama yang memiliki otoritas mutlak untuk memberi fatwa) di Kota Taris, Hadramaut.

Sedangkan kakek beliau, Habib Alwi bin Segaf Al-Jufri, adalah seorang ulama pada masa itu. Beliau adalah salah satu dari lima orang ahli hukum di Hadramaut yang fatwa-fatwanya terkumpul dalam kitab Bulughul Musytarsyidin, karya Al-Imam Al-Habib Abdurrahman Al-Masyhur.

Ketika Habib Idrus menginjak usia belia, ayah beliau Habib Salim melihat bahwa kelak anak nya ini bisa menggantikannya. Beliaupun mendidik anaknya tersebut secara khusus. Habib Salim membuatkan kamar khusus bagi anaknya agar dapat berkonsentrasi dalam belajar.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN