Info Harian Laduni.ID: 13 Maret 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 13 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Rabu, 13 Maret 2024 bertepatan dengan hari lahir Habib Idrus bin Salim Al-Jufri dan hari wafat Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi.

Habib Idrus bin Salim Al-Jufri
Habib Idrus bin Salim Al-Jufri lahir pada Hari Senin, 14 Sya'ban 1309 H /13 Maret 1892 M di Tarim, 5 kilometer dari Seiwun, Hadramaut, Yaman. Dari pasangan Habib Salim bin Alwi bin Assegaf Al-Jufriy, seorang mufti di Hadramaut, dan Syarifah Noer adalah putri Raja Wajo, Sulawesi Selatan, yang bergelar Arung Matoa Wajo.

 

Habib Idrus bin Salim Al-Jufri  wafat, pada Hari Senin, 12 Syawwal 1389 H bertepatan dengan 22 Desember 1969 M. Beliau meninggal setelah 46 tahun berkiprah di dunia dakwah dan pendidikan dengan mewariskan lembaga pendidikan yang terus berkembang hingga saat ini. 

Beliau mendapat pendidikan agama langsung dari ayah dan lingkungan keluarganya. Ayah beliau, Habib Salim adalah seorang Qadhi (hakim) dan Mufti (Ulama yang memiliki otoritas mutlak untuk memberi fatwa) di Kota Taris, Hadramaut.

Sedangkan kakek beliau, Habib Alwi bin Segaf Al-Jufri, adalah seorang ulama pada masa itu. Beliau adalah salah satu dari lima orang ahli hukum di Hadramaut yang fatwa-fatwanya terkumpul dalam kitab Bulughul Musytarsyidin, karya Al-Imam Al-Habib Abdurrahman Al-Masyhur.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN