Ilmuwan: Planet Ini Bisa Direkayasa untuk Dihuni Manusia

LADUNI.ID, Jakarta - Sampai saat ini, sejumlah ilmuwan melakukan eksplorasi tata surya untuk mencari planet yang bisa ditinggali manusia. Hal ini sebagaimana ditemukan oleh seorang fisikawan dan astrobiologi dari Institut Meteorologi Finlandia di Finlandia bernama Pekka Janhunen.

Menurut Janhunen, ada planet yang direkomendasikan untuk disulap menjadi tempat hunian baru bagi umat manusia. Ia adalah Planet Ceres yang terletak diantara Mars dan Jupiter. Menurutnya, planet kecil ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk manusia.

Dalam makalah pracetak yang diterbitkan di arXiv, motivasi para ilmuwan saat ini adalah memiliki pemukiman dengan gravitasi buatan yang memungkinkan pertumbuhan di luar wilayah hidup Bumi. Sekaligus menyediakan perjalanan intra-pemukiman yang mudah bagi penduduknya dan kepadatan populasi yang cukup rendah yaitu 500 orang per kilometer persegi.

Planet Ceres sejatinya merupakan asteroid dengan diameter 952 kilometer dan berada di antara Planet Mars dan Jupiter. Ceres dianggap sebagai asteroid terbesar yang diketahui di Tata Surya, dan satu-satunya planet kerdil yang lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus.

Sementara itu, Planet Mars dan...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni