Kabul dalam siaga tinggi di tengah batas waktu penarikan pasukan AS dari Afghanistan

 
Kabul dalam siaga tinggi di tengah batas waktu penarikan pasukan AS dari Afghanistan
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Afghanistan - Keamanan Kabul ditingkatkan pada hari Sabtu ketika kota itu bersiap untuk reaksi dari pemberontak Taliban ketika pasukan AS masih hadir di bawah perintah Presiden Joe Biden, melampaui batas waktu penarikan 1 Mei yang disepakati pada tahun 2020 dengan pemerintahan Trump.

Kehadiran militer yang meningkat dan keamanan di pos pemeriksaan terlihat di ibu kota Afghanistan, dan sumber keamanan mengatakan kota itu telah ditempatkan dalam "siaga tinggi". Patroli dan keamanan militer ditingkatkan di kota-kota utama di seluruh negeri.

Baca Juga: Berkat NU, Terwujud Kongres Perempuan Pertama di Afghanistan

Di bawah kesepakatan pemerintahan Trump Februari 2020 dengan Taliban, pasukan asing akan ditarik dari negara itu pada 1 Mei, sementara Taliban menahan diri untuk menyerang pasukan dan pangkalan asing. Tetapi Presiden Biden mengumumkan bulan lalu setelah meninjau situasi bahwa pasukan akan tinggal di negara itu selama berbulan-bulan setelah Mei, ditarik pada 11 September.

Kekerasan terhadap warga Afghanistan telah meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir, dengan lebih dari seratus personel pasukan keamanan Afghanistan tewas. Menjelang batas waktu penarikan yang telah disepakati sebelumnya, ledakan besar di timur Logar menewaskan puluhan orang saat mereka berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan. Tidak jelas siapa yang berada di balik serangan itu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN