Habib Abdullah bin Alwi Baraqbah Bangil Menyingkap Tabir Beberapa Ulama Masyhur

 
Habib Abdullah bin Alwi Baraqbah Bangil Menyingkap Tabir Beberapa Ulama Masyhur
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Siapa yang tak mengenal KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul, KH Usman (Ayahanda KH Asrori Kedinding, Surabaya), dan H. Basroni Tulungagung, sosok alim dan dermawan yang sangat masyhur.

Dibalik kemasyhuran mereka, ternyata ada guru yang menjadi kunci dari kealiman dan kedermawanan beliau-beliau, yaitu Habib Abdullah bin Alwi Baraqbah Bangil. Saat itu, Habib Abdullah bin Alwi Baraqbah menemui mereka dalam situasi yang belum masyhur seperti sekarang ini dan menyingkap tabir mereka serta memerintahkan untuk mengerjakan dua amalan kunci.

Habib Abdullah bin Alwi Baraqbah memberi pesan kepada mereka untuk memperbanyak shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dan menjadi orang yang dermawan terhadap fakir miskin dan anak yatim.  

Berkat mengamalkan dua pesan amaliyah tersebut, KH Muhammad Zaini Abdul Ghani, KH Usman, dan H. Basroni Tulungagung menjadi ulama yang masyhur akan keilmuan, mahabbah, dan akhlak yang mulia.

Pertemuan dengan Guru Sekumpul

Suatu ketika, Habib Abdullah bin Alwi Baraqbah mencari seseorang yang bernama Muhammad Zaini (Guru Sekumpul) dari Banjar yang saat itu tinggal di Desa Kauman, Bangil. Kemudian atas izin KH. M. Syarwani Abdan (Guru Bangil), Muhammad Zaini dipertemukan dengan Habib Abdullah bin Alwi Baraqbah. Lalu Habib Abdullah menyingkap tabir Muhammad Zaini seraya berkata jika dirinya (Muhammad Zaini) akan menjadi ulama besar suatu saat nanti.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN