Peran Penting Gus Maksum dalam Menumpas Pemberontakan PKI

 
Peran Penting Gus Maksum dalam Menumpas Pemberontakan PKI
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Sejarah kelam gerakan PKI di Indonesia tak terlepas dari keterkaitannya dengan para kiyai, pesantren dan santri. Salah satu pesantren yang menjadi saksi sejarah kelam itu adalah Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri yang saat itu menjadi kiblat perjuangan di eks-Karisedenan Kediri.

Lirboyo yang juga memiliki sejarah perjuangan saat melawan penjajah Belanda dan Jepang itu menjadi titik dibentuknya pasukan Pembela Tanah Air (PETA), yang diinisiasi oleh Kiyai Ibrahim Banjarmelati (Ipar Kiyai Abdul Karim). Sedangkan Laskar Hizbullah Sabilillah di Kediri merupakan embrio dari lahirnya Kodam V Brawijaya.

Saat pemberontakan PKI di Madiun, Kiyai Mahrus Aly bersama para santrinya berangkat menuju Madiun untuk menumpas pemberontakan. Kiyai Mahrus Aly yang saat itu bergabung dengan Brigade S. Soerahmad berhasil menumpas pemberontakan, dan salah satu santri beliau, Gus Maksum didapuk sebagai komandan tempur lapangan.

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni
 

 
 

Silakan menyampaikan komentar, testimoni, pengalaman terhadap beliau.

Memuat Komentar ...