Biografi KH. Mahrus Aly, Pendiri Universitas Islam Tribakti Lirboyo (UIT), Kediri

 
Biografi KH. Mahrus Aly, Pendiri Universitas Islam Tribakti Lirboyo (UIT), Kediri
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi:

1.       Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1     Lahir
1.2     Riwayat Keluarga  
1.3     Wafat

2.       Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1     Pendidikan 
2.2     Guru-Guru

3.       Penerus
3.1     Murid-Murid

4.       Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1     Mengasuh Pondok Pesantren
4.2     Mendirikan Perguruan Tinggi
4.3     Masa Penjajahan
4.4     Kiprah di Nahdlatul Ulama

5.       Kisah Teladan
6.       Karomah
7.       Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Mahrus Aly lahir pada tahun 1906 di Dusun Gedongan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Beliau merupakan anak bungsu dari sembilan bersaudara, dari pasangan KH. Aly bin Abdul Aziz dengan Nyai Hasinah binti KH. Sa’id.

1.2 Riwayat Keluarga 
KH. Mahrus Aly menikah dengan salah satu putri KH. Abdul Karim yang bernama Nyai Zaenab. Beliau menikah pada tahun 1938 M dan pada tahun 1944 M, KH. Mahrus Aly diperintahkan oleh KH. Abdul karim untuk membangun rumah di sebelah timur Kompleks Pondok. dari pernikahannya, beliau dikarunai anak, di antaranya:

  1. KH. Imam Yahya Mahrus
  2. KH. Abdullah Kafabihi Mahrus
  3. KH. AHS. Zamzami Mahrus
  4. KH. An’im Falahuddin Mahrus

1.3 Wafat
Senin, 4 Maret 1985 M, sang istri tercinta, Nyai Hj. Zaenab berpulang ke Rahmatullah karena sakit tumor kandungan yang telah lama diderita. Sejak saat itulah kesehatan KH. Mahrus Aly mulai terganggu, bahkan banyak yang tidak tega melihat KH. Mahrus Aly terus menerus larut dalam kedukaan. Banyak yang menyarankan agar KH. Mahrus Aly menikah lagi supaya ada yang mengurus beliau, namun dengan sopan beliau menolaknya.

Hingga puncaknya yakni pada sabtu sore pada tanggal 18 Mei 1985 M, kesehatan beliau benar-benar mulai memburuk, bahkan setelah opname selama 4 hari di RS Bhayangkara Kediri, beliau dirujuk ke RS Dr. Soetomo, Surabaya. Delapan hari setelah dirawat di Surabaya dan tepatnya pada Hari Ahad malam Senin, 6 Ramadan 1405 H atauh 26 Mei 1985 M, KH. Mahrus Aly berpulang ke rahmatullah. Beliau wafat diusia 78 tahun.

2.  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1 Pendidikan
KH. Mahrus Aly kecil, beliau memulai pendidikannya dengan belajar di masjid pesantren milik keluarga. Beliau diasuh oleh ayah sendiri, KH. Aly dan sang kakak kandung, KH. Afifi. Saat berusia 18 tahun, beliau melanjutkan pencarian ilmu ke Pesantren Panggung, Tegal, Jawa Tengah, asuhan KH. Mukhlas, kakak iparnya sendiri.

Disinilah kegemaran belajar ilmu nahwu KH. Mahrus Aly semakin teruji dan mumpuni. Selain itu KH. Mahrus Aly juga belajar silat pada KH. Balya, ulama jawara pencak silat asal Tegal Gubug, Cirebon.

Pada saat mondok di Tegal inilah KH. Mahrus Aly menunaikan ibadah haji pada tahun 1927 M. Di tahun 1929 M, KH. Mahrus Aly melanjutkan ke Pesantren Kasingan, Rembang, Jawa Tengah asuhan KH. Cholil. Setelah 5 tahun menuntut ilmu di pesantren ini (sekitar tahun 1936 M) KH. Mahrus Aly berpindah menuntut ilmu di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.

Karena sudah punya bekal ilmu yang mumpuni KH. Mahrus Aly berniat tabarukan di Pesantren Lirboyo. Namun beliau justru diangkat menjadi Pengurus Pondok dan ikut membantu mengajar. Selama nyantri di Lirboyo, beliau dikenal sebagai santri yang tak pernah letih mengaji.

Jika waktu libur tiba maka akan beliau digunakan untuk tabarukan dan mengaji di pesantren lain, seperti Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, asuhan KH. Hasyim Asy’ari, Pondok Pesantren Watucongol, Muntilan, Magelang, asuhan KH. Dalhar dan juga pondok pesantren di daerah lainnya seperti; Pesantren Langitan, Tuban, Pesantren Sarang dan Lasem, Rembang.

2.2 Guru-Guru

  1. KH. Aly (ayah),
  2. KH. Afifi (kakak),
  3. KH. Mukhlas (kakak ipar),
  4. KH. Balya (guru silat),
  5. KH. Cholil,
  6. KH. Hasyim Asy’ari,
  7. KH. Dalhar.

3. Penerus

3.1 Murid-Murid

  1. KH. Mustofa Bisri (Gus Mus),
  2. KH. Cholil Bisri ( Gus Cholil ),
  3. KH. Hamim Tohari Djazuli (Gus Miek),
  4. KH. Yasin Asmuni,
  5. KH. Basori Alwi Malang,
  6. Dr. KH. Noor Muhammad Iskandar S.Q,
  7. KH. Muhammad Ishomuddin Hadziq (Gus Ishom).

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Menjadi Pengasuh Pesantren
Sepeninggal KH. Abdul Karim, KH. Mahrus Aly bersama KH. Marzuqi Dahlan meneruskan tambuk kepemimpinan Pondok Pesantren Lirboyo. Di bawah kepemimpinan mereka berdua, kemajuan pesat dicapai oleh Pondok Pesantren Lirboyo. Santri berduyun-duyun datang untuk menuntut ilmu dan mengharapkan barokah dari KH. Marzuqi dahlan dan KH. Mahrus Aly.

4.2 Mendirikan Perguruan Tinggi
Pada tahun 1966, KH. Mahrus Aly mendirikan sebuah perguruan tinggi yang bernama IAIT (Institut Agama Islam Tribakti) yang sekarang bernama Universitas Islam Tribakti Lirboyo kediri.

4.3 Masa Penjajahan
KH. Mahrus Aly ikut berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan dan ini nampak saat pengiriman 97 santri pilihan Pondok Pesantren Lirboyo, guna menumpas sekutu di Surabaya, peristiwa itu belakangan dikenal dengan perang 10 November. Hal ini juga yang menjadi embrio berdirinya Kodam V Brawijaya. Selain itu KH. Mahrus Aly juga berkiprah dalam penumpasan PKI di sekitar Kediri.

4.4  Kiprah di Nahdlatul Ulama
KH. Mahrus Aly mempunyai andil besar dalam perkembangan Jamiyyah Nahdlatul Ulama, bahkan beliau diangkat menjadi Ra'is Syuriyah Jawa Timur selama hampir 27 Tahun, hingga akhirnya diangkat menjadi anggota Mustasyar PBNU pada tahun 1985 M.

5. Kisah Teladan
Menyuruh Santri Berjualan Bambu 
Diawal tahun 80an, seorang santri Lirboyo Kediri yang telah tamat mondoknya, sowan kepada KH. Mahrus Aly untuk pamitan sekaligus mohon saran selain mengaji, apa yang harus dilakukan. KH. Mahrus Aly memberi saran, selain mengaji, santri tersebut disarankan agar menjual bambu.

Sampai dirumah, selain mengaji, santri tersebut juga menjual bambu dan Alhamdulillah, hasil menjual bambu sangat melimpah sehingga bisa berangkat haji. Beberapa waktu kemudian, usaha bambunya surut sehingga harus ditinggalkan dan beralih jual beli mobil dan rental yang pada masa itu belum banyak dilakukan orang. Sempat besar dan laris, tiba-tiba dalam waktu singkat usaha rental dan jual beli mobilnya kolaps.

Ditengah kegundahannya, santri sowan kepada Kyai Mahrus dan menceritakan kondisinya. Akhirnya kepada sang santri, Kyai Mahrus dawuh "Lha wong kowe tak omongi dodol pring, kok mbok tinggal ganti dodol mobil. Masalah dodolan sepi iku wes biasa" (yaitu kamu sudah tak bilangi untuk jualan bambu tetapi tinggal, berganti jualan mobil. Masalah jualan itu sepi (lesu) adalah hal yang biasa).

6. Karomah
Menghentikan Hujan

Diriwayat kan oleh Gus Anwar Iskandar ketua tanfidziyah NU kodya Kediri.Bahwa KH Mahrus Aly adalah seorang ulama karismatik dikalangan nu yang memiliki karomah.

Alkisah, gedung-gedung IAIT (Institut Agama Islam Tribakti) akan diresmikan penggunaannya, ribuan santri ulama dan pejabat memenuhi kampus, beberapa santri berdiri membentuk pagar menyambut Menteri Agama.

Akan tetapi suasana berubah, langit kediri yang pagi itu cerah mendadak mendung dan kemudian hujan pun turun. Sementara itu Menteri Agama sudah berada di Kediri, istirahat sejenak di kantor Walikota. Panitia tampak gundah, seiring dekatnya waktu peresmian, hujan semakin deras. Lain halnya dengan KH Mahrus Aly, beliau justru keliatan tenang mendengar rombongan Menteri Agama menuju kampus, beliau penuh dengan percaya diri maju ke panggung.

"Para santri, mari kita mengangkat tangan, berdoa kepada Allah. kita minta, agar hujan dihentikan" pinta beliau. Beliau kemudian berdoa dan hadirin mengamini, tidak lebih dari 5 menit, hujan tiba-tiba berhenti. Langit Kediri kembali cerah, seiring itu, rombongan Menteri Agama sampai ditempat acara.

Kurang lebih 1 jam, acara peresmian berlangsung, Menteri Agama meletakkan batu pertama pembangunan Mushala kampus. Usai acara diiringi shalawat Nabi, rombongan bertolak kembali, ke balai kota Kediri. hadirin belum sempat angkat kaki, hujan deras tiba-tiba krmbali mengguyur kota Kediri yang tadi cerah sebentar.

Pembicaraan santri Lirboyo bukan lagi tertuju gedung baru kampus atau pidato menteri, namun ihwal hujan yang sempat tertahan oleh doa beliau, bagi santri baru, peristiwa itu sungguh menakjubkan, peristiwa itu membuat santri baru kagum dan hormat kepada pengasuhnya, akan tetapi, bagi Kyai Halimi, kisah seperti itu bukanlah hal baru.

8.  Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: lirboyo.net


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 25 Agustus 2022, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 4 Maret 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya