Ayat yang Membuat Sahabat Abdurahman bin Auf Menangis

 
Ayat yang Membuat Sahabat Abdurahman bin Auf Menangis
Sumber Gambar: dok. pribadi/FB Gus Dewa

Laduni.ID, Jakarta – Manusia oleh Allah diwajibkan untuk beribadah, selain sebagai ucapan terima kasih dan rasa syukur, beribadah juga akan memungkinkan seseorang mendapatkan surga-Nya dan terhindar dari neraka.

Namun, di akhir zaman ini banyak sekali manusia yang beribadah karena ingin mendapatkan balasan dari Allah. Balasan instan yang diberikan di dunia, bukan di akhirat. Misalnya saja ketika seseorang ditanya mengapa ia shalat dhuha, maka orang tersebut akan menjawab supaya rezekinya menjadi lancar dan mendapatkan kenaikan gaji dari atasan kerja.

Orang itu memperlakukan shalat dhuha seperti shalat wajib, sedangkan dirinya selalu kesiangan saat mengerjakan shalat subuh.

Adapula orang yang rajin melakukan amalan seperti wirid, zikir, shalat dengan alasan suapay mendapat kesuksesan, sedangkan dirinya tak pernah berhenti untuk menggunjing orang lain, mengumbar kejelekan orang lain, dan menebar fitnah.

Bahkan ada orang yang gemar bersedekah karena mengharap balasan berupa uang yang berkali-kali lipat dari Allah, tidak meletakkan nilai ibadah pada sedekah.

Ternyata, apa yang terjadi di akhir zaman ini sudah dirasakan oleh sahabat Nabi SAW. Dahulu ada seorang tabi’in yang sering menjalin komunikasi dengan para sahabat, lalu suatu ketika tabi’in tersebut ditanya oleh seseorang, “apakah surat dalam Al-Qur’an yang sering membuat shabat menangis?”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Masuk ke Laduni