Ini Amalan Syarifah Hubabah Annisa binti Yusuf Al-Haddad Agar Panjang Umur

 
Ini Amalan Syarifah Hubabah Annisa binti Yusuf Al-Haddad Agar Panjang Umur
Sumber Gambar: FB Darma

Laduni.ID, Jakarta – Panjang umur adalah impian bagi sebagian orang, pola hidup yang sehat dan menjaga keseimbangan makanan menjadi kunci menjaga kesehatan. Tak jarang sebagian orang juga melakukan ikhtiar batin, meminta kepada Allah agar dipanjangkan umurnya.

Syarifah Hubabah Annisa binti Yusuf Al-Haddad, adalah salah satu dzuriyyah dari Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad yang paling dekat. Usia beliau saat ini menginjak 105 tahun, walau begitu beliau masih mampu melihat dan mendengar dengan sangat baik. Bahkan ingatan beliau juga sangat kuat.

Dilansir dari akun Facebook Darma (13/1/2022), di antara beberapa amalan beliau supaya memiliki umur panjang adalah gemar bershalawat dan tidak pernah sedikitpun mengumbar aib seseorang, apalagi sampai menghinanya.

Syarifah Hubabah Annisa selalu menjamu tamu dengan ramah, gemar bersedekah, dan seorang ahli ibadah. Dalam seminggu, beliau bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak tiga kali (beberapa riwayat menyebutkan khatam lima kali dalam sehari). Beliau sangat suka jika dibacakan qasidah-qasidah yang memuji datu beliau, Rasulullah SAW.

Aktivitas sehari-harinya ialah mengumpulkan biji-bijian untuk digunakan sebagai media menghitung bacaan Surat Al-Ikhlas yang beliau baca. Syarifah Hubabah Annisa tak pernah meninggalkan amalan tersebut setiap harinya, ditambah beliau tak pernah meninggalkan amalan membaca Rathib Al-Haddad.

Sebagian dari kita mungkin tak bisa mengikuti semua amalan beliau, namun kita bisa untuk tak meninggalkan shalawat, kita bisa untuk tidak mengumbar aib seseorang apalagi menghinanya, dan kita bisa untuk terus bersedekah.

Syarifah Hubabah Annisa binti Yusuf Al-Haddad saat ini tinggal di Pontianak, Kalimantan Barat. Banyak ulama dan para habaib berkunjung ke kediaman beliau hanya untuk meminta doa dan mengharap keberkahan beliau. Semoga beliau selalu diberi kesehatan dan dipanjangkan umurnya, supaya menjadi motivasi kita dalam beribadah.

Sumber foto: FB Darma


Editor: Daniel Simatupang