Cara Rasulullah SAW Menjaga Kesehatan Diri

 
Cara Rasulullah SAW Menjaga Kesehatan Diri
Sumber Gambar: Pixabay/Pexels (Foto Ilustrasi)

Laduni.ID, Jakarta – Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan semua orang, namun diperlukan konsisten dalam menjaga kesehatan dengan baik setiap hari. Apalagi seperti keadaan saat ini yang kita ketahui Covid-19 belum hilang, maka diperlukan konsisten dalam menjaga kesehatan tubuh.

Cara menjaga kesehatan tubuh sebenarnya tidaklah sulit, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Setidaknya ada dua hal yang dilakukan Rasulullah SAW untuk menjaga kesehatan diri.

Pertama, menjaga kebersihan diri. Rasulullah SAW kerap kali menyerukan kepada umatnya, terlihat dari beberapa hadis yang diriwayatkan, untuk menjaga kebersihan diri dan sanitasi publik.

Rasulullah SAW sadar bahwa pangkal dari kesehatan adalah kebersihan. Beliau selalu membiasakan hidup bersih. Mulai dari mencuci tangan sebelum dan setelah makan, bercebok usai buang air besar dan air kecil, memotong kuku tangan dan kaki, serta mandi. Rasulullah SAW juga memberikan perhatian lebih kepada kebersihan gigi. Mengapa? Karena kesehatan gigi dan gusi sangat krusial terhadap pemeliharaan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karenanya, misalnya, beliau menganjurkan umatnya untuk bersiwak.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Masuk ke Laduni