Biografi Syekh Jumadil Kubro

 
Biografi Syekh Jumadil Kubro
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga Syekh Jumadil Kubro
1.3  Nasab Syekh Jumadil Kubro
1.4  Wafat

2.  Sanad Ilmu dan Pendidikan Syekh Jumadil Kubro

2.1  Guru Syekh Jumadil Kubro

3.  Penerus Syekh Jumadil Kubro

3.1  Anak-Anak Syekh Jumadil Kubro

4.  Perjalanan Dakwah Syekh Jumadil Kubro

4.1  Perjalanan Dakwah di Daerah Jawa

5.  Keteladanan Syekh Jumadil Kubro

7.  Referensi

8.  Chart Silsilah Sanad

 

1   Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir

Syekh Jumadil Kubro adalah salah seorang Ulama yang memiliki karomah cukup besar. Beliau adalah seorang yang mempunyai garis keturunan cukup dekat dari Rasulullah SAW. Beliau lahir pada tahun 1349 M di kota Samarkhand, dekat kota Bukhoro, wilayah Negara Azarbaijan. Nama lahir beliau Husain Jamaluddin Akbar

1.2  Riwayat Keluarga Syekh Jumadil Kubro 

Beliau menikah dengan wanita dari Samarkand dan dikaruniai tiga orang putra :

  1. Ibrahim Asmoroqondi/ As-Sayyid Ibrahim Zainuddin As-Samarqandy
  2. Ali Nurul Alam
  3. Barakat Zainul Alam

1.3  Nasab Syekh Jumadil Kubro

  1. Nabi Muhammad Rasulullah SAW.
  2. Sayyidah Fathimah Az-Zahra/Ali bin Abi Thalib
  3. Al-Imam Al-Husain
  4. Al-Imam Ali Zainal Abidin
  5. Al-Imam Muhammad Al-Baqir
  6. Al-Imam Ja’far Shadiq
  7. Al-Imam Ali Al-Uraidhi
  8. Al-Imam Muhammad An-Naqib
  9. Al-Imam Isa Ar-Rumi
  10. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir
  11. As-Sayyid Ubaidillah
  12. As-Sayyid Alwi
  13. As-Sayyid Muhammad
  14. As-Sayyid Alwi 
  15. As-Sayyid Ali Khali’ Qasam
  16. As-Sayyid Muhammad Shahib Mirbath
  17. As-Sayyid Alwi Ammil Faqih 
  18. As-Sayyid Abdul Malik Azmatkhan
  19. As-Sayyid Abdullah
  20. As-Sayyid Ahmad Jalaluddin
  21. As-Sayyid Husain Jamaluddin Al-Akbar

1.4  Wafat

Syekh Jumadil Kubro wafat pada  15 Muharram 857 H/ 1465 M beliau wafat berusia 116 tahun, dan dimakamkan di desa Troloyo Mojokerto.

2    Sanad Ilmu dan Pendidikan Syekh Jumadil Kubro

Beliau dididik dan dibesarkan oleh ayahanda Sayyid Ahmad Jalaludin.

2.1   Guru Syekh Jumadil Kubro 

         Sayyid Ahmad Jalaludin.

3    Penerus Syekh Jumadil Kubro

3.1   Anak-anak Syekh Jumadil Kubro

  1. Ibrahim Asmoroqondi/ As-Sayyid Ibrahim Zainuddin As-Samarqandy
  2. Ali Nurul Alam
  3. Barakat Zainul Alam

4.   Perjalanan Dakwah Syekh Jumadil Kubro

Perjalanan dakwah Syekh Jumadil Kubro dipenuhi berbagai liku-liku. Secara umum perjalanan Syekh Jumadil Kubro dapat dijelaskan sebagai berikut :

4.1   Perjalanan Dakwah di Daerah Jawa 

Di  Turki beliau beserta keluarga dan rombongan mendapat tugas dari Sultan Turki yaitu Sultan Mahmud 1. Untuk berangkat ke Jawa Dwipa untuk melakukan misi kenegaraan sekaligus misi dakwah. Dalam perjalanan menuju ke Jawa Dwipa beliau berangkat bersama rombongan diantaranya adalah :

  1. Syekh Jumadil Kubro
  2. Syekh Ibrahim Asmoroqondi (Syekh Jumadil Kubro)
  3. Syekh Zainal Barakat Alam (Syekh Jumadil Kubro)
  4. Syekh Ali Nurul Alam (Syekh Jumadil Kubro )
  5. Syekh Maulana Malik Ibrahim
  6. Syekh Subakir
  7. Syekh Ali Akbar
  8. Syekh Maulana Maghribi
  9. Syekh Hasanudin
  10. Syekh Aliyudin
  11. Syekh Malik Israil

Dalam perjalanan menuju Jawa rombongan mampir dahulu di daerah Pasai. Dan di sanalah beliau berpisah dengan Syekh Ibrahim Asmoroqondi yang memutuskan untuk menetap dan berdakwah di Pasai.

Pada tahun 1399 Rombongan dari Turki telah tiba di Jawa. Mereka menuju daratan Tandhes, sebuah pelabuhan terbesar di Jawa kala itu. Selepas turun dari kapal, para utusan Turki beristirahat sejenak melepas lelah. Kemudian perjalanan dilanjutkan melalui jalur darat menuju Trowulan. Sesampai disana mereka merasa terhibur , ternyata di Trowulan juga telah ada sekelompok masyarakat Muslim. Bukan muslim asing seperti mereka, tapi muslim pribumi. Di istana rombongan disambut dengan baik oleh Baginda Prabu Wikrama Wardhana. Dijamu dengan kehormatan layaknya utusan dari Negara jauh. Dakwah Mereka untuk mengislamkan Prabu Wikramawardhana belum berhasil, akan tetapi mereka dipersilahkan untuk melakukan dakwah asal tidak melakukan cara pemaksaan dan kekerasan.

Para ulama dari mancanegara itu pun akhirnya menyusun rencana lain, berdakwah dengan cara mereka sendiri-sendiri. Setelah dilakukan musyawarah akhirnya diputuskan sebagai berikut:

  1. Syekh Jumadil Kubro dan kedua putranya Ali dan Zainal memutuskan tinggal dan berdakwah di Trowulan.
  2. Syekh Maulana Malik Ibrahim Memutuskan  untuk tinggal dan berdakwah di daerah Tandhes.
  3. Syekh Malilk Israil, Syekh Hasanudin, dan Syekh Aliyudin memutuskan untuk tinggal dan berdakwah di daerah Banten.
  4. Syekh Maulana Maghribi, Syekh Subakir, dan Syekh Ali Akbar Memutuskan untuk tinggal dan berdakwah di daerah Jung Mara ( Jung Mara adalah nama lama bagi pelabuhan Jepara.)

Di Trowulan. Syekh Jumadil Kubro memulai kehidupan baru sebagai pedagang, bersama dua putranya. Tidak ada kesulitan bagi beliau untuk mencari barang dagangan lantaran di daerah Tandhes banyak dijumpai para pedagang muslim dari mancanegara yang siap membantu mereka. Kegiatan dakwah pun berjalan lancar, selancar usaha dagangnya. Komunitas muslim pun kian tertata meskipun jumlahnya tidak seberapa. Awal perjalanan dakwah Syekh Jumadil Kubro juga mengalami kesulitan. Akhirnya beliau berkenalan dengan Tumenggung Mojopahit yang bernama Tumenggung Satim Singomoyo. Karena hanya beliaulah seorang pejabat kerajaan yang bisa diajak musyawarah tentang kesulitannya di dalam berdakwah untuk mengembangkan ajaran Islam. 

Kala itu beliau sudah memeluk agama Islam walaupun hal ini tidak berani dilakukan secara terang-terangan. Hanya Tumenggung Satim Singomoyo lah yang bisa diajak bertukar pendapat tentang bagaimana cara mengembangkan ajaran Islam ditanah Jawa utamanya di lingkungan kerajaan yang masyarakatnya kala itu sudah sangat terpengaruh dengan ajaran Hindu dan Budha. Alhamdulillah, dengan keberadaan Tumenggung Satim Singomoyo, akhirnya sedikit demi sedikit masyarakat Mojopahit memeluk Islam, termasuk yang berada di lingkungan kerajaan. Dari informasi Tumenggung Satim Singomoyo Inilah Syekh Jumadil Kubro bisa mengerti lebih jauh tentang adat istiadat dan budaya masyarakat di daerah Trowulan.

Setelah wafatnya Gajah Mada dan Prabu Hayam Wuruk sekitar abad 14 mulai surut pamor dan kejayaan Majapahit. Perang saudara antara Wikramawardhana dengan Wirabumi mengakibatkan melemahnya kendali pusat pemerintahan kerajaan Majapahit. Penduduk Majapahit terutama dari Kasta Sudra dan Waisya (golongan masyarakat buruh dan petani) yang selama ini menempati derajat rendah dan hina mulai mengalami pembangkangan dan pemberontakan. Mereka merasa tidak dapat menerima adanya perbedaan derajat manusia. Kondisi yang demikian ini sangat menguntungkan bagi penyebaran agama Islam yang mengajarkan persamaan harkat, martabat dan derajat manusia. Ajaran ini menjadi berkembang, utamanya dikalangan masyarakat petani, nelayan, buruh dan pegawai kerajaan. 

Keadaan di sekitar pusat kerajaan Majapahit semakin lama semakin memprihatinkan, baik akibat terjadinya perang saudara maupun akibat sering terjadinya perselisihan diantara pegawai kerajaan yang sudah memeluk Islam dan pegawai kerajaan yang masih beragama Hindu. Situasi ini ternyata membawa manfaat yang cukup besar bagi Syekh Jumadil Kubro, penampilan yang sejuk tutur bicara yang santun ketika beliau beranjangsana ke keluarga kerajaan menjumpai Dewi Dwarawati (Darawati Murdaningrum) ternyata dapat membawa ketentraman di hati Prabu Kertawijaya. Hingga suatu saat, Dewi Dwarawati menyampaikan usul pada Prabu Majapahit atas saran pandangan Syekh Jumadil Kubro supaya Prabu Majapahit mengundang seorang tokoh yang dianggap mampu menentramkan situasi kerajaan yang sedang dilanda kekacauan itu.

Perlahan tapi pasti, masyarakat kelas bawah mulai berbondong-bondong memeluk agama Islam, mengikuti ajaran Syekh Jumadil Kubro yang dengan bijak dan santun menyampaikan misi dalam dakwahnya. Syekh Jumadil Kubro memiliki semangat tinggi dalam memperjuangkan agama Islam. Bahkan usianya yang sudah lebih dari seratus tahun belum pernah surut perjuangannya. Dalam usia yang sangat tua itu Sayyid Jumadil Kubro punya niat ingin mati syahid. Dengan niatnya yang baik itu Sayyid Jumadil Kubro bersemedi empat puluh hari memohon kepada Allah S.W.T. semoga akhir hayatnya dijadikan orang yang mati syahid.

Pada tahun 1465 M Wali Songo sedang membangun Masjid Demak, sedangkan kerajaan Majapahit mengadakan rapat mendadak. Semua Adipati hadir, kecuali Raden Patah, atas usulan Adipati yang beragama Hindu, Raden Patah harus dipanggil dan diadili karena tidak mentaati peraturan kerajaan Majapahit. Dengan semangat para Adipati yang beragama Hindu berangkat ke Demak bertujuan memanggil paksa Raden Patah. Namun setelah di Demak, para Adipati tersebut ditemui oleh Syekh Jumadil Kubro dan Maulana Maghribi. Setelah para Adipati menyampaikan tujuannya memanggil paksa Raden Patah, dengan nada keras Syekh Jumadil Kubro dan Maulana Maghribi mengusir para Adipati yang punya niat buruk itu.
 
Sehingga terjadilah pertempuran yang akhirnya para Adipati mundur kembali ke Mojopahit. Setelah itu, Syekh Jumadil Kubro dan Maulana Maghribi beserta para santri berangkat ke Majapahit, tujuannya memerangi para Adipati yang masih beragama Hindu itu. Setibanya di Majapahit terjadilah peperangan yang sangat dahsyat sehingga banyak Adipati yang gugur. Namun sudah menjadi niat Syekh Jumadil Kubro ingin mati syahid, maka saat itu juga Syekh Jumadil Kubro dan Maulana Maghribi juga gugur di medan peperangan. Dan tempat terjadinya peperangan di desa Troloyo pada tanggal 15 Muharram 857 H. Adapun Sayyid Jumadil Kubro dimakamkan di desa Troloyo, dan beliau wafat berusia 116 tahun. Sedangkan Maulana Maghribi oleh para santrinya dimakamkan di Jatianom Klaten Jawa Tengah (di pesantrennya).

5    Keteladanan Syekh Jumadil Kubro

Syekh Jumadil Kubro adalah tokoh yang sering disebutkan dalam berbagai Babad dan cerita rakyat sebagai salah satu pelopor penyebaran Islam di Jawa. Bisa dikatakan kakeknya Walisongo. Syekh Jumadil Kubro merupakan tokoh kunci proses Islamisasi di tanah jawa yang hidup sebelum Walisongo yang mampu menembus dinding kebesaran kerajaan Majapahit. Beliau juga berdakwah bersama para ulama-ulama lain dan mempunyai modal tersendiri untuk menyebarkan agama. Beliau umumnya dianggap bukan keturunan Jawa, tapi berasal dari Asia Tengah. Syekh Jumadil Kubro menjadi tokoh kunci dalam penyebaran Islam di Jawa. Beliau datang dari Samarkand Uzbekistan melalui laut ke jawa atau orang-orang Islamis yang tetap kuat dalam agama Hindu pada masa pemerintahan Majapahit. Syekh Jumadil Kubro kemudian tinggal di Jawa. 

Syekh Jumadil Kubro memiliki semangat tinggi dalam memperjuangkan agama Islam. Bahkan usianya yang sudah lebih dari seratus tahun belum pernah surut perjuangannya Syekh Jumadil Kubro untuk terus melakukan dakwah. Awal dimulai dakwah dengan cara berdagang. Tidak ada kesulitan bagi beliau untuk mencari barang dagangan lantaran di daerah Tandhes banyak dijumpai para pedagang muslim dari mancanegara yang siap membantu mereka. Kegiatan dakwah pun berjalan lancar, selancar usaha dagangnya. Komunitas muslim pun kian tertata meskipun jumlahnya tidak seberapa. 

Penampilan yang sejuk tutur bicara yang santun ketika beliau menyampaikan dakwah hingga beliau dianggap tokoh yang dianggap mampu menentramkan situasi kerajaan Majapahit yang sedang dilanda kekacauan pada waktu itu. Perlahan tapi pasti, masyarakat kelas bawah mulai berbondong-bondong memeluk agama Islam, mengikuti ajaran Syekh Jumadil Kubro yang dengan bijak dan santun menyampaikan misi dalam dakwahnya.

6    Referensi

  1. Buku Atlas Wali Songo, Agus Sunyoto,
  2. Buku Wali Songo: Rekonstruksi Sejarah yang Disingkirkan, Agus Sunyoto, Jakarta: Transpustaka, 2011
  3. Babad Wali Songo, Yudhi AW,2013
  4. Sejarah Wali Sanga, Purwadi,
  5. Dakwah Wali Songo, Purwadi dan Enis Niken,
  6. Babad Wali Songo, Yudhi AW,2013
  7. Mukarrom, Akhwan. Sejarah Islam Indonesia I. Surabaya: Uin Sunan Ampel, 2014.

7.  Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad murid Syekh Jumadil Kubro dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 04 Juli 2022, dan terakhir diedit tanggal 13 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya