Biografi KH. Abdul Choliq Hasyim

 
Biografi KH. Abdul Choliq Hasyim

Daftar Isi Profil KH. Abdul Kholik Hasyim

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Mengasuh Pesantren
  6. Anggota PETA
  7. Kiprah di Politik

Kelahiran

KH. Abdul Hafidz atau yang kerap disapa dengan panggilan KH. Abdul Choliq Hasyim lahir pada tahun 1916. Beliau merupakan putra keenam pasangan KH. Hasyim Asy'ari dan Nyai Nafiqah.

Wafat

Bulan Juni 1965, atau tiga bulan sebelum meletusnya pemberontakan G.30.S/PKI, KH. Abdul Choliq Hasyim menderita sakit selama beberapa hari. Semua keluarga dan santri Tebuireng cemas dibuatnya. Mereka semua mengharap kesembuhan sang pengasuh. Namun beberapa hari setelah itu, Kiai Choliq menghembuskan nafasnya yang terakhir. Inna liLlahi wa inna ilayhi raji’un. Tebuireng pun berduka.

Sebagaimana keluarga lainnya, jenazah Kiai Choliq dimakamkan di komplek pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng, diiringi ribuan pentakziyah yang mengantarkannya hingga ke liang lahat.

Keluarga

Pada tahun 1939, KH. Abdul Choliq Hasyim pulang ke tanah air. Setahun kemudian, ia menikah dengan salah seorang keponakan Kiai Baidhawi yang bernama Siti Azzah. Pada tahun 1942, Kiai Choliq dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Abdul Hakam. Inilah satu-satunya keturunan Kiai Choliq.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya