Sosial Budaya

 

Kepatuhan Kiai Utsman al-Ishaqi Berbuah Kemuliaan

Kiai Usman (ayah KH. Asrori al-Ishaqiy) sejak menjadi santri sudah terkenal keta’dhimannya kepada gurunya, Kiai Romli. Sangking tawaduknya dan ta’dhim-nya, setiap Kiai Usman sowan ke Mbah Kiai Romli di Jombang, Kiai Usman jalan kaki dari ndalem-nya di Surabaya ke Jombang.

Strategi Menghilangkan Stress dengan Wiridan

Dengan wiridan, kita alihkan pikiran kita akan keruwetan hidup dengan mengingat Gusti Allah dan kebaikan-Nya. Akhirnya, otak kita pun tidak stress karena keseharian kita. Karena nggak stress, kita pun gampang ridha pada hidup kita.

Hakikat Guru Menurut Imam Ibnu Athoillah al-Askandary

Menurut Al-Imam Ibnu Athoillah al-Askandary Ra, menjadi guru bukan sekadar guru yang menyampaikan ilmu kepada muridnya.

Barakah Anak Sulung Perempuan

Keberkatan yang paling banyak bila anak itu ialah seorang perempuan. Anak perempuan itu mendapat banyak keberkatan daripada Allah سبحانه وتعالى, khususnya kalau anak pertamanya ialah perempuan.

Inilah 6 Orang Budak yang Menjadi Ulama Besar

Di masa tabi’in, banyak bermunculan para ulama yang berasal dari mereka yang berstatus budak. Berikut enam di antaranya adalah:

Apakah Orang yang Tidak Mencintai Dirinya Sendiri Mampu Mencintaimu?

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim r.a, Rasulullah saw. bersabda: "Tidak beriman salah seorang dari kalian sampai ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri."

Tiga Petarung Muslim yang Mungguncang Dunia

Olahraga ternyata tidak sekadar menjadi ajang untuk dilombakan, tetapi bisa menjadi media untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan. Hal ini sebagaimana yang telah dilakukan oleh para juara petarung muslim hingga membuat gempar dunia. Siapakah mereka?

Esensi Perayaan Maulid Nabi Menurut Ir Soekarno

Itulah petikan pidato yang didengungkan oleh Presiden Pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia, Ir. Soekarno mengenai bagaimana seharusnya kita merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Superhero Dunia Hormat ke Rangga!

Rangga, bocah usia 9 tahun asal Aceh Timur,  dibunuh dengan kejam karena bela ibunya yang diperkosa, saat ayahnya sedang mencari rezeki di malam hari (Jumat, 9/10/2020).

Mengapa Tak Boleh Sakit di Perantauan? Begini Alasannya

Sakit di negeri orang sungguh tidak enak. Sakitnya sendiri sudah tidak enak, ditambah lagi dengan ketidak-enakan lainnya.