Sosial Budaya

 

Tidurnya Gus Dur dan Karomah Kiai Ali Maksum

Gus Dur sering dianggap punya kemampuan spektakuler. Salah satunya, kalau sedang tidur, Gus Dur bisa tahu apa yang sedang dibicarakan oleh orang-orang di sekelilingnya.

Subhanallah, Inilah Pesan Berharga dari Nyai Hj Nur Chalimah Chudlory

"Nyangoni bocah mondok kuwi paling apik seko hasil bumi," dawuh ibu nyai Hj Nurhalimah Ch.

Perdebatan Gus Dur dengan Mbah KH. Misbah Musthofa Tuban

Zaman dahulu, ulama sering “bertengkar”. Yang ahli Tasawwuf, menilai ulama Fiqh jauh dari Tuhan. Karena hanya mempelari “kulit” dan mencampakkan “isi”, sibuk dengan prosedur ibadah dan lupa dengan tujuannya, dan seterusnya.

Kisah Gus Miek Tetap Mampir di Warung Tukang Becak Meski Bawa Mobil Mercy

Di Ponpes ini, aku berada di nDalem Selatan, di AL-FALAH-2, di bawah asuhan KH. Zainuddin Jazuli. Abahku kepada KH. Zainuddin bilang kakang, tapi beliau pada Abahku bilang abang.

Kitab Manual Lebih Berkah

Sejak mengenal kitab listrik, atau aplikasi kitab di laptop apalagi saat ini di sistem smartphone, saya nyaris tidak pernah membeli kitab.

Potret Tradisi Kupatan di Tengah Pandemi Corona

Tradisi Iebaran ketupat atau yang biasa dikenal oleh warga Kota Madiun dengan sebutan Kupatan, biasanya dirayakan sepekan pasca Hari Raya ldul Fitri. Kegiatan ini juga dikenal sebagai hari raya kecil.

Peristiwa Bersejarah di Bulan Syawal yang Perlu Diketahui

Bulan Syawal merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan kalender hijriyah. Kehadiran bulan ini selalu dinanti umat Islam di seluruh dunia.

Khazanah Agama Kita Luas, Jangan Mudah Mengkafirkan

Masya Allah, begitu luasnya khazanah agama kita. Jadi, jangan sampai karena baru tahu 1 hadits “Kullu Bid’atin Dholalah” lalu tidak punya malu membid’ah-bid'ahkan amaliyah orang lain.

Awas, Blunder Saat Lebaran!

Tapi, sebaiknya tradisi tersebut tahun ini tidak perlu kita lakukan karena resiko penularan Covid-19 masih pada kakek dan nenek dan orang-orang.

Lokalitas dan Nilai Pesantren di Era Digital

Menjauhnya masyarakat dari realitas dan nilai lokal kemasyarakatan mungkin adalah wajar. Karena memang, seringkali orang mengalami kesalahan persepsi tentang apa itu (nilai) lokalitas.