Sosial Budaya

 

Kisah KH Zaini Mun'im Saat Harus Memilih Antara Ilmu dan Emas

Setelah mondok di Pesantren Tebuireng, Jombang, kepada Hadhratus Syekh Hasyim Asy’ari, beliau berangkat ke Mekkah bersama keluarganya.

Inilah 10 Penyakit Diri yang Wajib Segera Diobati

Karena kebiasaan ini seperti penyakit, yang mana bila tidak segera diobati, maka akan menjadi racun bagi diri sendiri dan orang-orang sekitar.

Gus Baha: Hidup Nunggu Mapan Itu Lho Ngapain?

Kira-kira begitu dawuh Gus Baha. Ulama besar yang sering ngaji di musalla kecil.

Shalawat yang Pahalanya Tidak Akan Sirna

Abul Hasan al-Bakri, Abu 'Umarah bin Zaid al-Madini dan Muhammad bin Ishaq al-Mathlabi meriwayatkan: Suatu hari ketika Rosululloh ﷺ berada di masjid, tiba-tiba seorang lelaki bercadar datang menemui beliau.

Penjelasan Kiai Jalil Tulungagung tentang Zuhud

Salah seorang Mursyid Thariqoh Syaziliyah yang masyhur adalah KH Abdul Jalil Mustaqim, Tulungagung Jawa Timur. Kiai Jalil juga mengasuh pesantren bernama Pesantren PETA (Pesulukan Thariqoh Agung), Tulungagung.

Mengenal KH Zaenudin Djazuli, Ulama Berjiwa Pembaharu

KH Zaenudin Djazuli atau biasa akrab dipanggil kyai Dien/gus Dien adalah salah satu pengasuh pesantren Al Falah Ploso Kediri. Jasanya untuk bangsa dan negara begitu besar.

Enam Wasiat Wali Abdal yang Penting Bagi Kehidupan

Berkata sebagian orang saleh; "Singgah dirumahku beberapa tamu dan aku tau mereka adalah golongan wali abdal, aku katakan kepada mereka.

Kisah Teladan Gus Dur yang Kebaikannya Tak Ingin Diketahui Orang

Tulisan ini akan mengulas tentang sebuah teladan dari Gus Dur yang kebaikannya tidak ingin diketahui orang. Juga tentang alasan mengapa Gus Dur sering ke gereja dan dekat dengan non-muslim.

Nukilan Rindu: Sepotong Kisah Syeikh Said bin Syeikh Armia

Di masa Habib Husen Bin Muhammad Bin Ali Al-Haddad masih kecil, beliau menghadiri haul di Cikura. Setiba di area kediaman KH Said, beliau mengikuti terus arah KH Said berjalan.

Tanggapan Yenny Wahid Soal Pria Diperiksa Polisi karena Humor Gus Dur

Yenni Wahid mengatakan bahwa, sebenarnya kebebasan berpendapat di Indonesia masih dijamin oleh undang-undang. Selama dijamin UU, masyarakat masih bisa bebas bersuara dengan kritis.