Sosial Budaya

 

Jejak Kepahlawanan Syaikhona Kholil Bangkalan

Niat awal saya, selain ingin tabarruq kembali ke astah/ pasarean/ makam Syaikhona Muhammad Khalil Bangkalan, juga silaturahmi ke kediaman RKH. Usman Hasan Khalil selaku Ketua Lajnah Turots Ilmi Syaikhona Muhammad Kholil, pada Sabtu (20/02/2021).

Belajar Agama Kasih Sayang dari Tradisi Muslim Turki

Foto ini adalah tentang kebiasaan kaum muslimin Turki di mana ketika tiba puncak musim dingin, mereka akan mendaki bukit-bukit salju lalu menaburkan gandum dan biji-bijian di atasnya.

Gus Rijal Mumazziq: Berburu Buku Kanjeng Rasulullah SAW

Awal Desember silam, usai berziarah ke Makam Mbah Hamid, Pasuruan, kok ya terbersit rasa ingin mengumpulkan buku-buku bertema Kanjeng Rasulullah.

Semua karena Framing

Selalu dibicarakan, selalu dibahas dan selalu dinomorsatukan. Yang semula biasa saja akan menjadi luarbiasa. Semua karena framing.

Benarkah Perempuan Kurang dalam Akalnya? Ini Faktanya

Pada zaman Romawi kuno, perempuan dianggap dan dinilai hanya sebagai beban keluarga yang tidak ada gunanya selain budak pelampiasan nafsu birahi semata.

KH. Husein Muhammad: Neoplatonisme dan Tasawuf Falsafi

Alhamdulillah. Tiba di rumah setelah makan gorengan “ayam Bahagia”, aku menemukan buku hebat ini: "Allah dan Alam Semesta", karya Kiai Said Aqil Siroj, Ketum PBNU itu. Kiriman Idris Masudi, santri sekaligus sang editor, melalui adiknya Umi Hani. Terima kasih.

9 Alasan Mengapa Allah Pertemukan Kita dengan Insan yang Salah

Dalam perjalanan hidup mencari pasangan yang tepat (biasanya disebut jodoh), tidak sedikit orang mengalami kegagalan. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi kegagalan tersebut, misal karena tidak cocok di kemudian hari, ada perbedaan tradisi atau budaya, bahkan juga ada faktor dari orangtua.

1 Februari: “No Hijab Day”?

Belakangan ini isu dan berbagai ajakan untuk melepas dan meninggalkan pemakaian jilbab nampak mencuat.

Mengapa Ada Kemarahan dan Kebencian?

Aku bertanya kepada para mahasiswa yang kebetulan mampir ke kantor Fahmina dan menemui aku di sana. Mengapa ada ledakan kemarahan dan kebencian?.

KH. Husein Muhammad: Mendiskusi Akar-akar Konflik Sosial

Lalu jika konflik sosial/manusia bukan dari agama, semua agama, maka dari manakah ia berakar? Aku menjawab dengan meringkas dialog antara Abduh dan Farah Anton dalam buku “Ibnu Rusyd wa Falsafatuh”.