Sosial Budaya

 

10 Adab Murid terhadap Guru Menurut Imam al-Ghazali

Dalam proses pembelajaran, murid membutuhkan orang alim atau yang umum disebut dengan guru, ustadz, atau kiai. Murid dan orang alim perlu berinteraksi.

Memahami Mabadi Khaira Ummah

Gerakan pengembangan ekonomi di NU terus digiatkan mengingat hanya dengan upaya itu NU berkembang secara mandiri. Apa yang saat itu dikenal dengan economischemobilisatie, adalah upaya untuk mengembangkan ekonomi rakyat.

Gus Dur Iku Alim Alime Wong Paling Alim Jaman Iki

Judul tulisan ini berbahasa Jawa yang artinya: “Gus Dur Itu Alim Alimnya Orang Paling Alim di Zaman Ini”.

Sedekah pada Keluarga atau Orang Lain, Mana yang Harus Didahulukan?

Salah satu amalan yang paling baik dilakukan oleh orang Islam adalah sedekah. Secara bahasa, sedekah adalah pemberian sesuatu kepada orang lain secara sukarela atau ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu atau kadar jumlah tertentu.

Syakhsiyah Nahdliyah dalam Bingkai NKRI

Hampir satu abad lamanya Nahdlatul Ulama eksis di bumi Indonesia. Faktor utama yang memperkuat basis legitimasi NU di tengah masyarakat adalah komitmennya pada nilai-nilai luhur, konsisten mengusung agenda perubahan dan keberpihakannya terhadap kelompok-kelompok yang terpinggirkan.

Khusnul Khotimah atau Husnul Khotimah, Mana Penulisan yang Benar?

Ada sebagian kalangan yang mempertanyakan tentang manakah yang lebih benar antara penulisan khusnul khotimah atau husnul khotimah.

Tradisi Tahlilan dan Faedah Melaksanakannya

Secara umum, terdapat beberapa manfaat faedah dalam pelaksanaan tahlilan. Di antara faedah atau manfaat-manfaat itu adalah sebagai berikut.

Hari Kemanusiaan Sedunia, LPBI NU Beri Penghargaan Relawan Covid-19

Memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia (World Humanitarian Day) pada 19 Agustus 2020, LPBI NU memberikan penghargaan kepada pribadi inspiratif di tengah pandemi COVID-19.

Kuliah Sambil Mondok? Ini Daftar Pondok NU yang Dekat Kampus di Bandung

Berikut ini adalah Pondok Pesantren NU yang dekat dengan kampus di Bandung dan sekitarnya.

Di Tengah Pandemi, Laduni.id Layani Donasi Tanpa Kutip

Perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk mencegah meluasnya krisis multidimensi yang dialami bangsa Indonesia akibat pandemi Covid-19.