Asbabun Nuzul Surat Al-Ahzab Ayat 35 - Tanggapan atas Keluhan Ummu Salamah kepada Nabi Muhammad SAW, Kaum Wanita tidak pernah Disebut dalam Al-Qur'an

Suatu hari Ummu Salamah mengeluh kepada Nabi karena kaum wanita tidak pernah disebut-sebut dalam Al-Qur’an, tidak seperti kaum lelaki. Ayat ini turun untuk menanggapi keluhan itu.

  1. عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ رضي الله عنها قَالَتْ : قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللهِ، يُذْكَرُ الرِّجَالُ وَلَا يُذْكَرُ النِّسَاُء. فَأَنْزَلَ اللهُ عز وجل: (إِنَّ المُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ) الآية. وَأَنْزَلَ: (أَنِّيْ لَا أُضِيْعً عَمَلَ عَامِلٍ مِنْكُمْ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى). (1)

    Ummu Salamah berkata, “Aku berkata kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, hanya kaum lelaki yang disebut (oleh Allah dalam Al-Qur’an), sedangkan kaum wanita tidak.’ Allah ‘azza wajalla lalu menurunkan ayat, innal-muslimi>na wal-muslima>ti wal-mu’mini>na wal-mu’mina>t … hingga akhir ayat. Allah juga menurunkan ayat, anni> la> ud}i>‘u ‘amala ‘a>milin minkum min z\akarin au uns\a>.”


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Sahih; diriwayatkan oleh al-H{a>kim, al-Mustadrak, dalam Kita>b at-Tafsi>r, Ba>b Tafsi>r Su>rah al-Ah}za>b, juz 2, hlm. 451, hadis nomor 3650. Ia mengatakan sanad hadis ini sahih sesuai syarat al-Bukha>riy dan Muslim; az\-Z|ahabiy pun setuju dengan penilaian al-H{a>kim. Hadis serupa dengan sanad yang sahih juga diriwayatkan oleh at-Tirmiz\iy dari Ummu Salamah dan Ummu ‘Uma>rah al-Ans}a>riyyah, dan Ah}mad dari Ummu Salamah, meski dengan redaksi yang sedikit berlainan (Baca: sebab nuzul Surah a>li ‘Imra>n/3: 195). Lihat: at-Tirmiz\iy, Sunan at-Tirmiz\iy, dalam Kita>b at-Tafsi>r, Ba>b Tafsi>r Su>rah an-Nisa>’, hlm. 675, hadis nomor 3022, dan dalam Ba>b Tafsi>r Su>rah al-Ah}za>b, hlm. 725, hadis nomor 3211; Ah}mad, al-Musnad, juz 44, hlm. 199, hadis nomor 26575, dan hlm. 222, hadis nomor 26603.