Hikmah

 

Kebesaran Hati Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki

Majalah Aljami’ah Almadinah Almunawwaroh pernah memuat artikel dari seorang pakar, yaitu Dr. Abdul Qodir Assindi (Madinah) yang berisi kecaman, hinaan, dan penghakiman terhadap pemikiran dan pribadi Abuya As Sayyid Muhammad bin Alawi Almaliki.

Mengapa Malam Nisfu Sya’ban Tidak Dirahasiakan?

Bila malam Nisfu Sya’ban tidak dirahasiakan, lalu mengapa Allah merahasiakan malam Lailatul Qadar? Padahal di kedua malam itu, sama-sama dipenuhi rahmat dan ampunan-Nya.

Menjelang Wafat, Habib Mundzir Kisahkan Pertemuannya dengan Rasulullah SAW

Perasaan duka itu tidak terlepas dari kemuliaan akhlak Habib Mundzir yang sangat terasa di hati para jama’ah. Sebuah akhlak yang terpancar dari sang kekasih Nabi Muhammad SAW.

Mengapa KH. Adlan Aly Tidak Mau Pamer Keilmuan?

Kiai Adlan Aly Jombang adalah murid Kiai Hasyim Asy’ari yang sejak dulu memang terkenal dengan kealimannya, ketawaduannya, dari raut wajahnya terpancar penuh ketulusan. Beliau juga senang bergurau yang cerdas, substantif dan halus, humornya tidak menyakiti orang lain.

Sebentar Lagi Ramadhan? Ketahuilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Tahu nggak sih, selain perintah dan anjuran dari agama, secara Ilmiah juga menganjurkan kita untuk berpuasa loh. Bahkan, dalam beberapa tindakan medis juga ada yang menganjurkan pasiennya agar melakukan puasa terlebih dahulu.

Kisah Wali yang Suka Beli Miras dan Gemar Mendatangi Pelacur

Di dalam buku hariannya, Sultan Turki Murad IV mengisahkan bahwa, suatu malam dia merasakan kegalauan yang sangat. Ia ingin tahu apa penyebabnya. Maka ia memanggil kepala pengawalnya dan memberi tahu apa yang dirasakannya.

Kisah di Balik Kesuksesan Putra KH. Bukhori Ismail

Dari sembilan bersaudara keturunan KH Bukhori Ismail, tinggal dua yang masih hidup. Beliau berdua adalah Nyai Hj. Mamnunah Yahya dan KH Mujtaba Bukhori.

Makna Filosofi Pacul Menurut Sunan Kalijaga

Wejangan Sunan Kalijaga tentang Pacul yang diberikan kepada Ki Ageng Sela sangat menarik untuk dikaji. Wejangan yang nampaknya sederhana itu bermakna sangat dalam.

Kisah Mbah Yasin Mendirikan Pesantren Al-Qaumaniyah Jekulo Kudus

Mbah Yasin dilahirkan di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Ayah Mbah Yasin bernama KH. Amin (ketika belum haji bernama Tasmin) dan ibunya bernama Salamah.

Kisah Kiai Abdul Adzim Sidogiri Tetap Berjamaah Meski Sakit Parah

KH Abdul Adzim Sidogiri Pasuruan sangat memegang teguh syariat Allah SWT. Kondisi bagaimana pun, beliau tetap menjalankan syariat dengan sebaik-baiknya, khususnya shalat lima waktu.