Hikmah

 

Akhlak dan Tawadhu'nya Sahabat Baginda Nabi Saw

Pada suatu hari, Sayyidina Abu Bakar RA dan Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karamallahu Wajhah pergi berkunjung ke rumah Rasulullah SAW. Setibanya di depan pintu rumah Nabi SAW, satu sama lain saling mempersilahkan rekannya untuk masuk terlebih dahulu.

Kisah Jin dari China yang Durhaka Kepada Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

Pada tahun 537 H, putriku yang bernama Fatimah naik ke atas loteng rumah. Tak lama kemudian ia menghilang secara misterius. Pada waktu itu ia masih perawan dan usianya baru 16 tahun. Aku mengadukan kejadian itu kepada Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Diimingi Recehan Dunia Dulu

Kalau dipikir-pikir, metode iming-iming recehan ini juga bisa dicari landasannya di al-Qur'an. Dalam ayat perintah sedekah misalnya, kita dapati iming-iming bahwa sedekah kita akan diganti 10 kali lipat atau lebih, ini seperti menyuruh anak kecil untuk memberikan permennya yang seharga 1.000 lalu dijanjikan akan dibelikan permen baru senilai 10.000.

Kiai Nawawi Menolak Bantuan 700 M

Suatu hari, beliau pernah kedatangan tamu dari Kemenag Jawa Timur yang mau memberikan sumbangan dana dari Dinas Sosial Australia untuk tempat-tempat belajar tertua & mencetak generasi berkualitas.

Kisah Kacamata Al–Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz

Laduni.ID Jakarta – Habib Umar bin Hafidz memilih untuk menjadi pelanggan sebuah kedai kacamata. Karena beliau sering berganti kacamata (karena terkadang kadarnya bertambah yang menyebabkan berkurangannya daya lihat).

Takdzim Kiai Nawawi Abdul Jalil Kepada Gus Dur

“Salah satu pengasuh Pondok Sidogiri pernah mondok di Tebuireng,” kata Kiai Nawawi Abdul Jalil suatu ketika saat menyikapi Gus Dur dalam percaturan politik nasional. Karena itu beliau minta semua santri dan alumni Sidogiri mendukung Gus Dur.

Maziyyah Seekor Ayam

"Barang siapa yang membaca la ilaha illa allahu al-hayyu al-qayyumu sebanyak lima kali ketika ayam berkokok. Maka Allah akan menghapus dosanya selama empat puluh tahun."

Kisah Sukses Santri yang Tunduk Pada Gurunya

Kholid Musthofa, ialah sosok yang memiliki kampung coklat Blitar. Pengusaha kaya raya asal Blitar ini rupanya pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Al Falah Ploso. Kesuksesannya tak luput dari barokah Al Falah terutama gurunya.

Keramat Sayyidina Umar Bin Khattab RA dan Sungai Nil Mesir

Laduni.ID Jakarta - Kisah menarik tentang keramat Sayyidina Umar terhadap sungai Nil di Mesir. Mesir berhasil ditaklukkan atau dibuka oleh Amirul Mukminin Umar bin Khattab melalui utusannya yang dipimpin oleh Sayyidina Amr bin Ash.

Syaikh Nawawi Banten dan Sifat-Sifat Terpuji Anjing

Syekh Nawawi Al-Bantani rahimahullah, dalam Kitab كاشفة السجا شرح سفينة النجا "Kaasyifatus Sajaa Syarhu Safiinatin Najaa" pernah menulis 10 sifat terpuji dari anjing. Meskipun kitab yang beliau tulis ini sangat kental dengan fiqih (hukum Islam) yang bermadzhab Syafii yang dikenal sangat ketat soal najis anjing.