Islam Nusantara

 

Gus Dur dan Kisah Aktivis Wirid al-Fatihah 100 Kali

Gus Dur adalah guru yang menjadi wasilah dijadikan Allah untuk melahirkan murid-murid, pengagum, dan mereka yang mencintainya.

Mengenal Tafsir Ulama Asia

Subhanallah, Ajib dan Amazing. Karya para ulama ahli Tafsir sejak masa Sahabat hingga saat ini berhasil dihimpun oleh ulama muda dan ulama masa depan yang dimiliki NU, Dr. KH M Afifudin Dimyathi (Katib Syuriah PBNU), Cucu Kiai Ramli Peterongan Jombang.

Konbes NU 2020, Wapres RI Sampaikan 3 Tantangan NU ke Depan

Dalam pidato amanah pada Konbes NU 2020 tersebut, KH Ma’ruf Amin memaparkan bahwa di satu sisi NU perlu bangga karena telah menjadi organisasi pioner yang mampu meletakkan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan menjadi satu tarikan nafas dalam dakwah dan perjuangan.

Bukti-Bukti Banser Jadi Pelindung Ulama yang Baik

Itulah bukti Banser NU merupakan pelindung sekaligus menjadi pengawal yang baik dan kuat agar peristiwa serupa yang dialami Syekh Ali Jabir tidak terulang kembali.

Gus Baha: Saya Ingin Kebesaran Ulama Itu Kembali

NU itu terlalu banyak  pengajian umum. Tradisi ngaji (kitab) mulai hilang. Itu lampu merah. Orang kaya suka ulama. Suka kiai. Tapi maunya ngatur ulama, tidak mau diatur ulama.

Mbah Sahal Yarham: Ber-NU adalah Menghidupi NU

Suatu hari PBNU mengadakan sebuah acara di Surabaya, mengundang duta-duta besar negara sahabat, dan pelayanannya pun VVIP.

Inilah Karakter Tawassuth, Tawazun, I'tidal dan Tasamuh dalam Aswaja

Ada tiga ciri utama ajaran Ahlussunnah wal Jamaah atau kita sebut dengan Aswaja yang selalu diajarkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Mengenal Syekh Junaid Al-Baghdadi, Imam Tasawuf Panutan NU

Kenapa kiai kita menyertakan nama Imam Junaid Al-Baghdadi? Apakah karena Imam Junaid Al-Baghdadi adalah pimpinan kaum sufi yang ucapannya diterima oleh semua kalangan masyarakat? Apakah karena Imam Junaid Al-Baghdadi bergelar sayyidut thaifah di zamannya?

Jaringan Intertekstualitas Islam Nusantara Bugis dan Jawa

Catatan itu terekam salah satunya dalam sebuah naskah bernama La Galigo, sebuah naskah yang dikoleksi Leiden dengan kode NB 188 vol 7 halaman 143.

Ini Arti Lambang NU

Lambang NU sebagaimana yang sudah kita ketahui hingga sekarang adalah hasil istikharah Kiai Ridwan Abdullah.