FAQ Laduni.id

FAQ

 

Apa sih Laduni.id itu?
Laduni.id merupakan portal digital nirlaba yang fitur layanan yang bermanfaat bagi warga nahdliyin dan bangsa Indonesia dalam rangka mendukung peningkatan kualitas lembaga pendidikan, menjaga motivasi dan akhlak generasi muda, dan memajukan perekonomian umat

Mengapa disebut Laduni?
Laduni kepanjangan dari layanan digital untuk nahdliyin.

Apa visi dan misi Laduni.id?
Visi dan misi Laduni.id merupakan manifestasi dari penetapan visi dan misi Nahdlatul Ulama.

Apakah Laduni.id bergerak secara legal?
Laduni.id bergerak di bawah lingkup kegiatan Yayasan Dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah yang secara resmi tercatat di Kemenkumham.

Apa saja fitur laduni.id?
Beberapa fitur laduni berisi:

  • artikel-artikel keagamaan dan tuntutan ibadah Islam Ahlussunnah wal Jamaah Annahdliyah
  • sharing profil untuk memperkenalkan lembaga pendidikan dan keagamaan seperti pesantren, sekolah, universitas, TPA/TPQ, majelis taklim, panti asuhan, dll
  • sharing profil ulama dan lokasi ziarah
  • artikel-artikel motivasi untuk remaja, pemuda, dan mahasiswa
  • informasi umum seperti lowongan kerja dan beasiswa sekolah
  • aplikasi pendukung psikologi generasi muda
  • pengembangan fitur donasi untuk lembaga pendidikan dan keagamaan yang telah diperkenalkan di point di atas
  • inisiasi fitur marketplace

 

Siapa saja yang memperoleh kemanfaatan atas keberadaan laduni.id?
Beberapa pihak yang memperoleh kemanfaatan adalah pembaca/ pengunjung umum, member perorangan, ataupun member pengelola lembaga?

Apa yang dimaksud dengan pembaca/ pengunjung umum?
Adalah orang yang melalui internet mengakses ke laduni.id.

Apa yang dimaksud dengan member perorangan?
Adalah pengunjung umum yang mendaftarkan diri ke laduni.id.

Apa yang dimaksud dengan member pengelola lembaga?
Adalah member yang mendaftar untuk mengatasnamakan sebagai pengelola suatu lembaga (pesantren, sekolah, TPA/TPQ, majelis taklim, lokasi ziarah) dan telah lolos verifikasi oleh laduni.id.

Apakah tujuan dari laduni.id menampilkan profil lembaga-lembaga di atas?
Laduni.id bertujuan untuk memperkenalkan profil lembaga-lembaga di atas sehingga memudahkan bagi masyarakat memperoleh informasi untuk tujuan yang bermanfaat, serta memberikan manfaat bagi lembaga-lembaga untuk berinteraksi dengan masyarakat umum.

Apa manfaat yang diperoleh untuk pengunjung umum dari laduni.id?
Pengunjung umum akan memperoleh informasi tuntunan ibadah dan amaliyah ahlussunnah wal jamaah annahdliyah, mengetahui secara mudah profil lembaga-lembaga di atas, memperoleh informasi profil ulama, informasi beasiswa dan lowongan kerja, informasi jadwal shalat, membaca Al-Qur’an, dsb.

Apa manfaat yang diperoleh untuk member perorangan dari laduni.id?
Beberapa manfaat positif yang diperoleh antara lain adalah dapat melakukan assessment kepribadian dengan metode MBTI secara gratis, berkonsultasi dengan psikolog umum ataupun keluarga, memperoleh dukungan untuk menetapkan life-goal (cita-cita), dapat mendaftar sebagai alumni dari suatu lembaga pendidikan, serta dapat berkesempatan membuka toko untuk marketplace.

Apa manfaat yang diperoleh dari member pengelola lembaga?
Menjadi member yang sudah terverifikasi sebagai pengelola lembaga (pesantren, sekolah, majelis taklim, TPA/TPQ, panti asuhan, lokasi ziarah) akan dapat memperoleh informasi update donasi yang diperoleh, membuka toko online di marketplace laduni.id, mengirim pesan kepada member lainnya, mengelola informasi tambahan untuk profil pesantrennya, dll.

Bagaimana seseorang dapat memiliki akun sebagai member pengelola lembaga?
Untuk memperoleh member pengelola lembaga, maka seseorang harus melakukan registrasi sebagai pengelola lembaga dengan mengisi form yang telah ditetapkan untuk diverifikasi oleh laduni.id.

Bagaimana seseorang dapat melakukan donasi?
Seseorang akan dengan sangat mudah melakukan donasi kepada lembaga yang ditujunya dengan memilih daftar lembaga yang menjadi tujuannya di laduni.id, selanjutnya melakukan transfer nilai donasinya. Terdapat notifikasi proses kepada donatur melalui email sampai dengan sukses melakukan donasi. Nilai donasi akan ditampilkan di halaman profil lembaga untuk mengetahui secara langsung progres pengumpulan donasinya.

Apakah nilai donasi yang telah didonasikan akan otomatis mengupdate nilai donasi di halaman profil lembaga?
Proses donasi berjalan secara otomatis dan akan menambah langsung jumlah donasi di halaman profil lembaga, namun ada kalanya koneksi internet antar pihak terkait berjalan agak lambat, sehingga penampilan update nya bisa tertunda beberapa waktu, namun tidak akan menghapus atau menghilangkan nilai donasi yang telah sukses ditransfer oleh donatur.

Apakah seseorang harus menjadi member terlebih dulu untuk melakukan donasi?
Seseorang tidak harus menjadi member di laduni.id untuk melakukan donasi, namun laduni.id meminta info email untuk notifikasi proses donasi.

Bagaimana seseorang itu dapat memperoleh laporan donasi yang telah dilakukannya?
Seseorang dapat memperoleh laporan proses donasinya melalui menu dashboard member, sehingga seorang donatur harus mendaftar dulu sebagai member dengan menggunakan email yang sama pada waktu melakukan donasi.

Bagaimana laporan donasi kepada lembaga penerima donasi?
Laporan donasi kepada lembaga penerima donasi dilakukan dengan cara menampilkan nilai donasi di halaman profil lembaga dan menu dashboar pengelola lembaga.

Biaya apa saja yang dikenakan dalam proses donasi tersebut?
Biaya yang dikenakan dalam proses donasi antara lain adalah biaya payment gateway provider yang menyediakan teknis proses transfer dan terima dana secara online di laduni.id, selain itu juga terdapat biaya transfer antar bank apabila berbeda dengan bank yang digunakan laduni.id.

Berapa besar biaya di atas?
Biaya payment gateway provider yang dikenakan adalah standard Rp4.400; (sudah termasuk ppn 10%) dari nilai donasi yang sukses dan biaya transfer antar bank berkisar Rp5.000; – Rp10.000; per transaksi pencairan.

Bank apa yang dipakai oleh laduni.id?
Untuk pencairan ke lembaga penerima donasi, laduni.id menggunakan Bank Syariah Mandiri, silakan menyesuaikan apabila tidak ingin dipotong biaya transfer antar bank.

Apakah laduni.id mengutip nilai donasi?
Laduni.id tidak memungut kutipan dari nilai donasi yang telah dipotong biaya payment gateway provider dan biaya transfer antar bank.

Bagaimana bila nilai donasi belum dicairkan?
Nilai donasi yang belum dicairkan oleh pengelola lembaga akan disimpan aman oleh laduni.id tanpa ada pungutan biaya penyimpanan donasi.

Apakah tidak ada effort untuk menginfokan kepada lembaga penerima donasi?
Laduni.id akan menginformasikan secara fisik, baik email maupun surat via pos, terkait jumlah donasi yang diperoleh suatu lembaga apabila nilai donasi mencapai Rp 10.000.000;

Bagaimana legalitas laduni.id dalam melakukan kegiatan donasi ini?
Dalam melakukan proses donasi ini, laduni.id telah memperoleh Izin Pungut Uang dan Barang dari Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk wilayah nasional melalui kegiatan fisik maupun digital.


Terakhir disunting pada : Sabtu, 8 Agustus, 2020 09:42:21