Sosial Budaya

 

Muslim Bali Turut Jaga Ritual Galungan dan Kuningan

Ketika acara ritual umat Hindu atau hari raya mereka, sungguh indah pemandangan yang nampak di hari itu. Betapa kemesraan dan keharmonisan umat Islam dan umat Hindu saling menjaga dan melindungi.

Orang Baik Wafat Semoga Diganti dengan Orang Baik Pula

Cicit mbah Hasyim Asy’ari, Gus Zaki Hadzik, memposting status di akun facebook pribadinya, Agus M Zaki, dengan mengatakan bahwa sekarang ini banyak orang baik wafat. Postingan tersebut diupload pada Selasa (18/2) kemarin.

Akhlak Murid kepada Guru Menurut Kiai Hasyim Asy’ari

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena guru merupakan  motivator terbaik yang harus kita junjung tinggi. Bahkan di dalam Islam, guru merupakan orang berilmu yang harus benar-benar dihormati selagi apa yang disampaikannya benar dan sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah Rasul. Karena dengan keberadaan guru kita dapat memperoleh ilmu yang tak terbatas.

Mimpi Muslim Indonesia di London

Silaturahmi bersama sedulur-sedulur PCI Nahdlatul Ulama United Kingdom. Kami berkunjung ke rumahnya Pak Djamal, sesepuh Nahdliyyin Inggris dan pegawai senior KBRI London. Beliau saksi sejarah orang-orang Indonesia yang belajar dan meniti karir di Inggris.

Kiai Misbah dan Pecut Sunan Kalijaga

Gus Mus mengisahkan sesuatu yang menarik mengenai dua kiai: Mbah Bisri Mustofa (ayahanda beliau) dan adiknya, Mbah Misbah Zainul Mustofa. Keduanya adalah kiai "dug-deng", ampuh, baik secara keilmuan lahir maupun "suwuk" (keilmuan batin).