Sosial Budaya

 

Menjaga Adab di Ruang Publik saat Pandemi

Anda yakin bahwa anda tidak akan terkena covid-19 bahkan anda yakin tidak percaya bahwa covid itu ada, silahkan itu hak anda. Selama anda di rumah itu hak anda. Tetapi ingat, ketika anda berada diluar rumah maka anda harus memiliki adab, anda terikat dengn kaidah fiqih.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ali Syari’ati

Sosok figur luar biasa dan hebat yang bernama Ali Syari'ati sekaliber sekelas dengan Sosiolog Neo-Marxis yang lain. Seperti C Wright, Antonio Gramsci dan selevel juga tentunya dengan Karl Max sendiri. Sebagian banyak orang, mungkin sudah sangat familiar dengan nama sosiolog tersebut karena banyak buku yang Ali Syari'ati sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Sisi Baik Selalu Ada

Laduni.ID Jakarta – Jadilah pihak yang selalu optimis dan berusaha untuk melihat kesempatan di setiap kegagalan. Jangan bersikap pesimis yang hanya melihat kegagalan di setiap kesempatan.

Empat Kebajikan Stoisisme

Laduni.ID Jakarta - Stoicisme adalah filosofi yang sangat sederhana, yang mencari pertumbuhan dan pengembangan diri dan berdasarkan itu, meningkatkan hubungan komunitas.

Kaisar Tiongkok Zhu Yuanzhang Membuat Puisi Untuk Nabi Muhammad Saw

Laduni.ID Jakarta – Sebuah temuan luar biasa. Subhanallah. Sungguh menakjubkan bagaimana meskipun non-Muslim, Kaisar Tiongkok Zhu Yuanzhang sangat menghormati Nabi Muhammad Saw. Ia membuat sebuah puisi untuk Nabi Muhammad.

Implementasi Good Governance pada Pemerintahan

Pengertian good governance dalam versi World Bank diartikan sebagai penyelenggaraan pengelolaan atau manajemen dalam pemerintah secara solid dan akuntabel serta berdasarkan prinsip pasar yang efisien dan juga pencegahan korupsi baik secara administratif maupun politis.

KH. Husein Muhammad: Negara Sejahtera dan Bahagia

Aku membaca karya Denny JA. Dalam bukunya “Spirituality of Happines", ia mendeklair: "Wahai manusia, riset sudah membuktikan lagi dan lagi. Apapun agamamu, etnikmu, kepercayaanmu. Semua kamu bisa hidup bermakna dan bahagia.”

Kisah KH Zaini Mun'im Saat Harus Memilih Antara Ilmu dan Emas

Setelah mondok di Pesantren Tebuireng, Jombang, kepada Hadhratus Syekh Hasyim Asy’ari, beliau berangkat ke Mekkah bersama keluarganya.

Soekarno dan Kota Surabaya #2: Bagai Dua Sisi Mata Uang

Soekarno dan Kota Surabaya bagai sekeping mata uang koin yang selalu berdekatan. Bahkan riwayat Soekarno dapat dipakai sebagai ilustrasi yang memudahkan kita untuk memahami riwayat Kota Surabaya.

Soekarno dan Kota Surabaya #1: Pencarian Hari Jadi

Jika kelahiran atau hari jadi Soekarno dianalogikan dengan kelahiran atau Hari Jadi Kota Surabaya, kapan sesungguhnya Kota Surabaya ini terlahir. Tanggal 31 Mei 1293, yang selama ini diperingati sebagai Hari Jadi Kota Surabaya, dinilai subyektif dan tendensius dan karenanya perlu dikaji ulang.