Sosial Budaya

 

Superhero Dunia Hormat ke Rangga!

Rangga, bocah usia 9 tahun asal Aceh Timur,  dibunuh dengan kejam karena bela ibunya yang diperkosa, saat ayahnya sedang mencari rezeki di malam hari (Jumat, 9/10/2020).

Mengapa Tak Boleh Sakit di Perantauan? Begini Alasannya

Sakit di negeri orang sungguh tidak enak. Sakitnya sendiri sudah tidak enak, ditambah lagi dengan ketidak-enakan lainnya.

Invisible Hand’s dan Kisah Semut yang Saling Bunuh

Apabila kita mengumpulkan 100 semut hitam dan 100 semut merah, lalu menempatkan mereka semua di dalam sebuah toples, maka segalanya akan baik-baik saja.

Gelar Bangsawan Kiai Said Aqil Siradj dari Keraton Surakarta Hadiningrat

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Dr KH Said Aqil Siradj, MA menerima gelar bangsawan dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Gelar tersebut diberikan langsung oleh Sinoehoen Kangjeng Soesoehonenan Pakoe Boewono Senapati Ing Ngalanga Ngabdurrachman Sayidin Panatagama XIII, di Keraton Surakarta.

Buya Syakur Yasin: Membangun Kepercayaan Setelah Dikhianati

Sesungguhnya, hal yang tidak menyenangkan tersebut tidak layak untuk kita tangisi dengan air mata. Tidak layak pula untuk kita sesali secara berlebihan. Sebab, masih ada cara yang perlu kita lakukan agar kita terhindar dari penghinatan-penghianatan yang dilakukan oleh orang lain untuk kita.

KHM Luqman Hakim: Menanamkan Akhlak Bagi Kaum Profesional

Konsep akhlak dalam konteks pekerjaan ini sungguh merupakan hal yang sangat penting. Sebab, ketika konsep akhlak ini diterapkan ke dalam mekanisme kerja maka akan menghasilkan dinamika kerja yang sangat luar biasa.

Faktor Inilah yang Menyebabkan Umat Islam Mundur

Rais Syuriyah PBNU KH Ahmad Ishomuddin mengungkapkan bahwa kemunduran umat Islam juga disebabkan tirani yang tersebar luas sebagaimana mewabahnya penyakit menular dan lebih memprioritaskan kemaslahatan individu atas kemaslahatan umum.

Terma Asing atau Liyan, Mengapa Tidak?

Saat aku diminta bicara dalam forum merespon pemberian gelar Profesor untuk seorang teman, aku mengatakan: “Sebagian kita masih terjebak pada pandangan dikotomistik antara Islam v non Islam, antara bahasa Arab v non Arab. Aku v Dia atau kami v mereka.“

KH Husein Muhammad: Ibadah atau Melayani?

Manakah yang lebih utama: terus tekun menjalankan ibadah sunnahnya atau melayani orang miskin?

Kenangan Main Bola dengan Almaghfurlah H Saefullah

Salah satu hobi almaghfurlah Pak Haji Saefullah, Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta/Sekda DKI Jakarta, adalah main bola.