Sejarah

 

Asal Muasal Hari Sabtu dan Rahasianya

Dalam bahasa Arab, hari itu dimulai dari hari Ahad (kesatu) sampai Sabtu. Tetapi kebiasaan di Indonesia, permulaan hari dimulai dari hari Senin, sebagai awal dari belajar di sekolah formal, sedangkan di pondok pesantren dimulai dari Sabtu, bila liburnya hari Jum'at. Sedangkan di Arab, kegiatan dimulai dari hari Ahad (kesatu) dan biasanya libur Jumat dan Sabtu.

Resolusi Jihad: Fakta Sejarah yang Pernah Dilupakan

Beberapa tahun lalu masih banyak pihak yang belum mengakui peran santri, kiai, dan NU dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Bahkan Resolusi jihad yang dicetuskan oleh Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari tidak diakui dan dilupakan

Peran Ulama dan Santri NU Pada 10 November 1945

Kini Indonesia merdeka. Para kiai pun lega. Nahdlatul Ulama juga telah kembali ke fungsi sosial agamanya. Berbagai macam ilmu kesaktian itu pun kembali tersembunyi di bilik-bilik pondok pesantren. Ilmu itu sampai kini masih dipelajari para santri meski dengan bungkus yang berbeda.

Peran KH. Abbas dalam Pertempuran 10 November 1945

Selain kedalaman ilmu agamanya, Kiai Abbas dikenal seantero tanah Jawa sebagai seorang pendekar karena kedigdayaan dan kesaktiannya. Kesaktian Kiai Abbas ini sejak awal diketahui oleh Hadlratusyekh KH. Hasyim Asy’ari. Diceritakan sekitar tahun 1900-an pada awal pendirian Pesantren Tebu Ireng.

Syarah Dan Tahqiq Lagu Syubbanul Wathan Karya KH. A. Wahab Chasbullah

Benih-benih cinta tanah air ini akhirnya bisa menjadi energi positif bagi rakyat Indonesia secara luas sehingga perjuangan tidak berhenti pada tataran wacana, tetapi pergerakan sebuah bangsa yang cinta tanah airnya untuk merdeka dari segala bentuk penjajahan.

Perjuangan KH Bisri Syansuri di Masa Penjajahan

KH Bisri Syansuri merupakan figur kiai pejuang, yang aktif dalam organisasi perjuangan. Pecahnya Perang Dunia II dan pendudukan Jepang membawa keprihatinan tersendiri bagi KH Bisri Syansuri.

Asal-usul Resolusi Jihad dan Patriotisme Bela Agama, Bangsa dan Negara

Berbeda dengan warisan Trowulan, Majapahit, yang diintegrasikan ke dalam sistem ketatanegaraan Demak, seperti konstruksi sistem hukum Majapahit "anggelar adil palamarta", nasib kekuasaan Daha di Kediri betul-betul dihancurkan oleh Kesultanan Demak-Giri Kedhaton melalui eskpedisi Kangjeng Sunan Giri ke-2 yang menggelar Resolusi Jihad mengusir sisa-sisa imperialisme Eropa di tanah Jawa.

Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama Dalam Memperjuangkan Dan Mempertahankan NKRI

Dakwah Nahdlatul Ulama (NU) untuk menghimpun kekuatan melawan penjajahan Belanda merupakan bagian dari perjuangan NU untuk mempertahankan ideologi agama dan nasionalismenya sebagai bentuk cinta Tanah Air (Hubbul Wathon Minal Iman).

Santri Harus Tahu Sejarah, Para Pejuang itu Adalah Santri

Fakta sejarah yang dikaburkan pemerintah (Nukilan patriotik) Santri pondok pesantren itu ampuh. Di tanah Jawa ini, yang paling ditakuti (penjajah) Belanda adalah santri dan tarekat (thariqah).

Peristiwa Penting di Bulan Rabiul Awal Sebelum Kelahiran Rasulullah SAW

Bulan Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam urutan kalender hijriyah. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh umat Islam, sebab di bulan ini lahir seorang yang sangat mulia dan dicintai oleh umat islam di seluruh dunia.

Menampilkan 1 - 10 dari 590 Sejarah