Sejarah

 

Mewaspadai Gerakan Ibnu Muljam Gaya Baru

 Jum’at waktu Subuh, 17 Ramadhan sekitar tahun 40 Hijriah, duka menyelimuti hati kaum muslimin. Bulan Ramadhan, dimana tidak diperbolehkan makan dan minum apalagi membunuh, justru menjadi petaka berdarah. Sebuah peristiwa pembunuhan yang dilakukan oleh Abdurrahman bin Muljam Al Muradi kepada Amirul Mukminin, Ali bin Abi Thalib.

Naskah Dokumen Surat Ansor tahun 1955 Ditemukan! Begini Isinya

Banyak sejarah ke-NU-an yang hingga kini masih tersimpan dan tidak banyak orang menemukan. Pada Rabu (24/3/2021), telah ditemukan sebuah dokumen surat lawas dengan kop sederhana

Sejarah Dayah: Pusat Awal Pendidikan Islam di Nusantara

Dayah adalah lembaga pendidikan tertua di Aceh yang mempunyai peranan penting dalam proses tumbuh dan berkembangnya pendidikan Islam di Nusantara.

Perempuan-perempuan di Masa Nabi yang Berani Menolak Kekerasan Seksual

Pada masa Nabi Muhammad SAW, banyak perempuan yang berani menyuarakan kasus kekerasan (seksual) yang dialaminya, sekalipun harus melawan tuduhan "aib" dari masyarakat.

Keberanian Kiai As’ad Mengusir Penjajah Jepang

Di sini terjadi perdebatan sengit antara Kiai As’ad dan pihak Jepang. Pihak Jepang ngotot bertahan, karena mengaku panglimanya sudah mengadakan pembicaraan dengan Soekarno.

Misteri 26.000 Lebih Manuskrip Kuno Nusantara di Perpustakaan Universitas Leiden

Se-sexy itukah manuskrip-manuskrip kuno Nusantara, sampai dulu penjajah Belanda rela memboyongnya ke negara mereka hingga menumpuk puluhan ribu jumlahnya?

NU Memang Sering Terlambat, Tapi...

Secara organisatoris, NU berdiri pada 16 Rajab 1344 H atau bertepatan dengan 31 Januari 1926. Artinya, ormas ini berusia 97 tahun dalam hitungan hijriyah, dan 94 tahun dalam hitungan masehi. Secara matematis, NU sudah tua dengan berbagai dinamikanya.

Bukti Nyata Jejak Adi Poday

Pulau Sapudi tidak bisa lepas dari sosok Adi Poday, tetapi terkait kabar yang berkembang masih berdasarkan cerita-cerita rakyat.

Penemuan Terbaru Tulisan Tangan Syaikhona Kholil Bertahun 1285 H

Naskah kitab tulisan tangan Syaikhona Kholil, kitab Alfiyah, ditemukan kembali. Kitab ini adalah kitab keempat yang tercatat tahun 1285 Hijriyah. Diperkirakan, kitab ini ditulis sewaktu Syaikhona Kholil berusia 33 tahun.

Desa Tertua di Indonesia Ternyata Ada di Jawa Tengah

Indonesia adalah negara dengan ribuan desa. Menurut data wilayah administrasi, disebutkan bahwa jumlah desa yang ada di Indonesia tercatat kurang lebih sebanyak 74.910 desa.