Sejarah

 

Tahun 661 M: Perjanjian Damai Muawiyah bin Abu Sufyan dengan Hasan bin Ali

Orang-orang yang mencintai dan mendukung Ali masih tidak menyetujui apabila sepeninggal Ali khalifah selanjutnya dipegang oleh Muawiyah. Makanya banyak daripada mereka semua kemudian membaiat Hasan bin Ali menjadi khalifah. Orang yang pertama kali membaiat Hasan bin Ali adalah Qais bin Sa’ad bin Ubadah, kemudian diikuti oleh banyak orang muslim lainnya.

Arya Wiraraja: Adipati Pertama Kerajaan Sumenep

Dari berita Pararaton di atas, kita ketahui bahwa Arya Wjraraja adalah seorang Adipati di Sumenep, yang sebelumnya sebagai Demung (Rakryan Demung). Hal ini disebabkan oleh ketidak-percayaan Kertanegara kepadanya.

Mengenal Rufaidah, Tokoh Keperawatan dalam Dunia Islam

Banyak orang belum mengenal siapa itu Rufaidah. Siapakah dia? Bagaimana kaitannya dengan dunia keperawatan Islam? Lalu siapakah perawat muslimah pertama di dunia yang tercatat dalam sejarah Islam? Perempuan yang melaksanakan tugas mulia sebagai perawat pertama tersebut adalah Rufaidah binti Sa’ad.

Kisah Pemberian Gelar Amirul Mukminin bagi Sayyidina Umar bin Khattab

Ternyata betul, nama Sayidina Umar termasuk nama sahabat yang namanya tetap 'hidup' sampai kapanpun. Sebab di samping beliau kuat komitmen agamanya,

Tahun 659-661 M: Penumpasan Kaum Khawarij serta Pembunuhan Ali bin Abi Thalib

Kaum Khawarij memiliki ideologi yang ekstrim pada masa itu, salah satu doktrin yang mereka sebarkan ke masyarakat bahwa Ali bin Abi Thalib, Muawiyah bin Abu Sufyan, Amr bin Ash, dan Abu Musa Al-Asy’ary adalah kafir. Peristiwa yang mendasari pemikiran mereka itu adalah perjanjian Majlis Tahkim diselesaikan bukan dengan Al-Quran dan Hadis.

Tiga Indikasi Adam Sebagai Manusia Pertama

Oleh karena itu perlu diketahui makna kata ‘Adam’ sebagai cikal bakal umat manusia yang pertama. Menurut Ahmad Ibn Faris Ibn Zakaria dalam bukunya Mu’jam Maqayis Al-Lughah menyatakan bahwa dinamakan Adam karena penciptaan fisiknya diambilkan dari bahan di muka bumi yaitu tanah.

Dayah sebagai Sekolah bagi Masyarakat

Belajar di dayah tidak membutuhkan banyak uang. Inilah yang menjadi faktor penting bagi masyarakat yang secara ekonomi tidak mampu. Rakyat bisa belajar di dayah meskipun sangat miskin. Umumnya, dayah-dayah tidak membebankan murid-murid untuk membayar uang pendidikan.

Tahun 1478-1518 M: Raden Patah Mengembangkan Kerajaan Demak

Demak muncul pertenggahan akhir abad ke-15 Masehi, munculnya kerajaan baru tersebut sangat mengherankan, karena Demak letaknya tidak didaerah yang subur, sebelah Utara terbentang daerah rawa yang sangat luas dan daerah Demak sering sekali dilanda banjir.

Tahun 661-680 M: Jejak Peradaban Dunia di Era Khalifah Pertama Bani Umayyah

Peristiwa sejarah periode khalifah pertama Bani Umayyah, yakni Muawiyah bin Abi Sufyan, sungguh menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Dalam rentang waktu ini, terdapat banyak peristiwa penting yang membentuk arah peradaban Islam dan dunia pada masa itu.

Dayah Sebagai Lumbung Belajar Agama dan Cendekiawan

Dalam beberapa sejarah tercatat bahwa, sejak pertama kali Islam datang ke Aceh, bahwa tidak terdapat lembaga pendidikan lain kecuali dayah. Lembaga ini telah menghasilkan beberapa sarjana terkenal dan pengarang yang produktif.

Menampilkan 1 - 10 dari 639 Sejarah