Sejarah

 

Kontribusi 9 Tokoh NU dalam Membebaskan Bumi Pertiwi dari Penjajahan

Dalam upayanya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari serangan penjajah, tidak lepas dari peran yang disumbangkan oleh tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Dua Sosok Kiai Hebat yang Membesarkan TNI untuk Aswaja dan NKRI

KH Yusuf Hasyim dan KH Munasir Ali adalah dua tokoh yang sangat berjasa bagi negara dan bangsa Republik Inodnesia.

Belajar dari Empat Model Sekolah di Era 1950-an

ada sekitar tahun 1950-an, orang Kediri memiliki cara yang sangat unik dalam mengatur dan memetakan pendidikan bagi anak-anaknya.

Sejarah NU Kebumen, Awalnya 9 Orang Meningkat Jadi 90.000

Pada sekira tahun 1952-an, terdapat rentetan kejadian bersejarah yang tidak bisa dilupakan. Pada sekira tahun itu terjadi peristiwa keluarnya NU dari Masyumi.

Cara Santri Mengkader untuk Melawan Penjajah

Sepak terjang santri dalam melawan penjajah dapat dilihat dari perannya dalam mengkader tentara Gurkha, yang saat itu mengikuti pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945.

Alasan Kiai Wahid Hasyim Minta Bung Hatta Jadi Ketum PBNU

Di tengah kesibukan mencari itulah, KH Wachid Hasyim mengusulkan nama Mochammad Hatta atau Bung Hatta untuk menjadi calon Ketum PBNU. Mendengar itu semuanya kaget.

Asal-usul Munculnya Istilah Aceh Serambi Mekah

Banyak kalangan menamai provinsi yang berpenduduk kurang lebih 5,2 itu dengan sebutan ‘Aceh Serambi Mekah’ atau ‘Aceh Serambi Arab’. Kenapa bisa demikian?

Ketika Gus Baha Bicara Politik

Dalam sebuah videonya, Gus Baha’ menceritakan bahwa banyak kalangan umat sekarang yang mereduksi politik, terutama ketika berkaitan dengan isu nasionalisme dan partai Islam.

Maulana Habib Luthfi Bin Yahya: Siroh Singkat Wali Sanga

Sebenarnya Wali Sanga di Indonesia itu tidak hanya yang biasa dikatakan oleh ahli sejarah, Saya akan bercerita tentang Wali Sanga yang ini menyimpang dari para ahli sejarah.

Kisah Saat Habib Ali Kwitang Marah karena Lambang NU Diletakkan Sembarangan

Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi (1870-1968), akrab disebut Habib Ali Kwitang, adalah ulama’ besar di Jakarta yang sangat akrab dengan para kiai NU.