Sejarah

 

Gus Dur Dilengserkan dari Kursi Kepresidenan Demi Membela Masa Depan Papua

Isu perusahaan asing yang selalu mengancam Pemerintah Indonesia jika kepentingannya tidak terpenuhi ternyata benar adanya. Bahkan ancaman berbentuk intimidasi atau menakut-nakuti pernah dialami oleh Presiden KH. Abdurrahman Wahid.

Ibn Sina Sang Jenius Serba Bisa

Ibn Sina (980-1037) dikenal sebagai Avicenna di Dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia. Ia juga seorang penulis yang produktif di mana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan.

Tragedi Karbala dan Sikap Seorang Muslim Sejati dalam Menanggapinya

Menjelang wafatnya Muawiyah salah seorang sahabat nabi, dia sempat meluangkan waktu sibuknya – dalam menjalankan roda pemerintahan – untuk berkhutbah dihadapan masyarakatnya.

Zahir Baibars: Kesatria Pemberani, Pematah Serangan Mongol dan Pelengkap Pembebasan Palestina

Barangkali banyak di antara kita yang belum pernah mendengar nama tokoh ini. Bisa dibilang, inilah salah satu superhero Islam paling hebat yang tak hanya membasmi Pasukan Mongol, bahkan beliau juga berhasil meninju telak Pasukan Salib dan mengusirnya dari Palestina

Sejarah Pengumpulan dan Penulisan Al Quran

Dalam kitab Ushulun fit Tafsir, Syaikh Utsaimin rahimahullah menyebutkan bahwa di masa Rasulullah masih hidup, belum ada upaya mengumpulkan Al Quran menjadi satu mushaf seperti sekarang. Hal ini disebabkan paling tidak karena dua hal:

Bantahan Atas Argumen-Argumen penyebab Perang Jamal

Laduni.ID Jakarta – Peristiwa ifk adalah rekayasa kaum munafiqun. Meski Ali berpendapat, “Ya Rasulullah, apa yang perlu dikhawatirkan? Masih banyak perempuan lain”

Fatimah Al Fihri, Perempuan Pendiri Universitas Pertama di Dunia Era Keemasan Islam

Laduni.ID Jakarta – Dalam sejarah yang jarang diketahui publik,ada seorang perempuan Muslim hebat mendirikan universitas pertama di dunia. Memang tidak ada sumber popular di luar buku-buku sejarah akademik, mengenai zaman keemasan peradaban Islam

KA. Sa’doellah Sidogiri Panglima Perang Hizbullah

Laduni.ID Jakarta – KA. Sa’doellah Nawawei (yang selanjutnya kami tulis ‘Kiai Sa’doellah’) lahir di Sidogiri pada tahun 1922 M. Beliau terlahir sebagai anak ke dua dari empat bersaudara, dari pasangan KH. Nawawie

Perang Saudara Dalam Islam

Laduni.ID Jakarta – Suatu hari, putri Rasulullah SAW, Fatimah ra, mengadu kepada suaminya, Ali bin Abi Thalib ra. Fatimah mengadu tangannya luka-luka akibat terlalu sering membikin adonan roti dari gandum.

Sejarah Kelahiran dan Derap Langkah Banser

Dikatakan meresahkan karena pada umumnya yang menjadi korban dari aksi-aksi massa sepihak tersebut adalah anggota PNI, PSI, ex-Masyumi, NU, dan bahkan organisasi Muhammadiyah. Ironisnya, aksi-aksi massa sepihak yang dilakukan oleh PKI itu belum pernah mendapat perlawanan dari anggota partai dan organisasi bersangkutan kecuali dari GP Ansor, yang mulai menunjukkan perlawanan memasuki tahun 1964.