Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo

Profil
Pesantren Mukmin Mandiri  adalah Pesantren Agrobisnis dan Agroindustri, didirikan KH. Muhammad Zakki. Seorang kiai muda, nyentrik, dan kharismatik. Ia juga sosok pengusaha yang tangguh dan handal. Pengusaha eksportir kopi. Mengekspor kopi ke negara Asia dan Eropa, hingga ke Negara Timur Tenggah. Sangat muda karena usianya baru 34 tahun. Tidak kelihatan jika ia sosok kiai muda kharismatik. Bicaranya tegas, lugas dan tentu pekerja keras.

Pergaulan luas membuat banyak ide dan gagasan “aneh” mengalir deras. Membuat banyak orang kagum dan mengapresiasi cukup positif. Pergaulan dari kalangan kiai, pejabat, pengusaha hingga politikus membuat kiai muda ini semakin matang dalam bertindak dan berbuat. Pesantren ini didirikan April tahun 2006. Akte pendiriannya, Akta Notaris Bambang Santosa, SH, M.Kn. Inspirasi pendirian pesantren ini, dilhami dari sebuah kekhawatiran dan keprihatinan masa depan pesantren di Indonesia.

Percepatan ekonomi dan kuatnya arus modernitas akan menggerus eksistensi pesantren, jika ke depan dunia pesantren tidak melakukan reorientasi visi, misi dan paradigma pesantren sesuai dengan kehendak masyarakat. Inspirasi pendirian tersebut juga didapatkan pada saat melakukan perjalanan haji, mendapat wangsit (bisikan) dari Langit saat Kiai Zakki salat dan berdoa di depan pintu Multazam Ka’bah Masjidil Haram. Bisikan itu membuatnya semakin yakin dan kokoh untuk segera merealisasikannya.

Tentu tidak mudah mewujudkannya. Rintangan, hambatan dan tantangan selalu menghadangnya. “Hati saya bergetar, ketika “Bisikan” dari Langit itu semakin kuat di telingga saya. Suara ghaib itu terus menerus dan berulang-ulang terdengar di telinga saya. Akhirnya, dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, kami bertekad dengan kekuatan Allah SWT, insyaallah “bisikan” untuk mendirikan pesantren itu terwujud, demikian kata Kiai Zakki yang juga pengurus Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Provinsi Jawa Timur.

Saat membuat pondasi pesantren, seluruh jamaah haji kloter 89 di bawah bendera KBIH Majelis Taklim An-Nadliyah Surabaya, KH. Machit Masrufi (almarhum) dan KH Hasyim Syareh memimpin doa sambil seluruh jamaah haji melempar “kerikil kecil” di kubangan fondasi pesantren tersebut, seperti halnya saat melempar jumrah waktu menunaikan ibadah haji. Disempuranakan lagi dengan doa penutup dari Ibunda Kandung Kiai Zakki, Nyai hj. Moesamah. Segenggam “tanah suci” yang diambil dari Pesantren Tebuireng Jombang (Makam KH Hasyim Al-Asyari) dan Makam KH. Ahmad Gadung di Lamongan ikut dalam prosesi ritual pembuatan fondasi tersebut.

Bukan bermaksud syirik, akan tetapi dilakukan dalam rangka meneladani semangat keikhlasan dan kegigihan kedua tokoh kiai tersebut. Semangat keikhalasan dalam berbuat dan kegigihan dalam berjuang. Dorongan untuk meneruskan dan mempercepat bangunan pesantren semakin kuat. Meski dengan tantangan dan godaan yang tidak kecil. Hanya dengan modal kepasrahan dan berikhtiar kepada Allah SWT segala sesuatunya diserahkan-Nya. Tirakat dan riyadhah (prihatin) pun dijalani.

Tiap malam berdoa, siang harinya kerja keras hanya untuk memenuhi bisikan dari “Langit” tersebut. Alhamdulillah, sebuah ucapan syukur tak pernah berhenti diucapkan Kiai Zakki, Ketua Forum Perkebunan Besar Provinsi Jawa Timur, sambil memutar tasbih ketika wartawan Majalah Mukmin Mandiri mewawancarai di kediamannya. Akhirnya, dalam waktu 1 tahun 6 bulan tugas suci telah dirampungkannya.

Pengasuh
 Dr. KH. Muhammad Zakki, M.Si



Pendidikan
Pendidikan Formal 
1. SMK Agro
2. PGSD/PGMI
3.  Perguruan Tinggi yang berbasis Ekonomi.  Konsentrasi bidang Ekonomi Syariah.

Pendidikan Informal
1.  TPQ/TPA
2.  Madrasah Diniyah

Pendidikan Nonformal 
 
1. Learning Kitab Kuning Tradisi santri untuk menyimak, menelaah dan mengkaji kitab-kitab yang berwawasan keagamaan, hukum, budaya, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan.
2. Learning to Community Pengajian dilakukan untuk pencerahan dan kesadaran masyarakat tentang pemahamaan keagamaan dengan menjunjung tinggi nasionalisme dan multikulturalisme.
3. Hafidzul Qur'an Al-Qur’an adalah sebuah kitab suci umat islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan pedoman hidup dan membacanya adalah bernilai ibadah. Al-Qur’an merupakan karya Tuhan yang sangat dan bahkan luar biasa, sifat I’jaz-nya tak akan bisa tertandingi walaupun dimensi ruang dan waktu telah silih berganti.
4. Ngaji Sugih Ngaji Sugih Sangune Turu merupakan Program Radio Elvictor Surabaya yang diasuh oleh Dr. KH Muhammad Zakki, M.Si setiap hari kamis malam jumat, pukul 9 malam. Anda bisa mendownload file mp3-nya. Adapun pengajian rutin jama’ah Ngaji Sugih adalah setiap awal bulan minggu pertama. Hari : Minggu Pukul : 08.00-12.00 WIB Tempat : Aula Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Contact Person Koor Ngaji Sugih : 0813 5739 9879 (Ust. Mardi)

Ekstrakurikuler

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Palang Merah Remaja (PMR)
  4. Basket
  5. Sepakbola
  6. Voli
  7. Futsal
  8. Sains Club
  9. English Club
  10. Arabic Club
  11. Seni Musik Islami (Seni Hadroh)
  12. Pencak Silat
  13. Badminton
  14. Tenis Meja
  15. Kaligrafi
  16. Marching Band
  17. Ketrampilan hidup: agribisnis, pertanian, tata boga


Pengajian rutin di pesantren Mukmin Mandiri 


Hadrah di pesantren Mukmin Mandiri 

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Gedung asrama pondok
  2. Gedung sekolah
  3.  Lab. Bahasa
  4.  Lab. Komputer
  5.  Lab IPA
  6.  Ruang Perpustakaan
  7. Ruang Multimedia
  8. Perpustakaan
  9.  Sarana Olahraga 
  10.  Klinik/Poskestren
  11. Workshop Tata boga, tata busana, perkebunan kopi
  12. Mushola putra dan putri
  13.  Aula
  14. Hotspot Area



Gedung pesantren di pesantren Mukmin Mandiri 


Kantor di pesantren Mukmin Mandiri 

Alamat
Graha Tirta Estate Bougenville No 69 Ngingas, Waru Sidoarjo, Ngingas, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
Kode Pos: 61256

Telepon : Telp/Fax 031 8540959
HP        :  08222 5252 739
WA       :  0812 3171 1169


Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://mukminmandiri.com/

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

 

 

 

 



 
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.