Hari Ini, Arab Saudi Merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah

 
Hari Ini, Arab Saudi Merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah

LADUNI. ID, INTERNASIONAL-Tahun ini pelaksanaan perayaan Idul Fitri Indonesia berbeda dengan negara jazirah sa salah satunya Arab Saudi. Perayaan Idul Fitri atau Lebaran di Arab Saudi jatuh pada hari ini (4/6/2019). .

Hal ini sebagaimana diungkapkan Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi, seperti dikutip Arab News, pada Senin malam telah mengumumkan awal bulan Syawal jatuh pada hari Selasa. Dasar penetapan hari Idul Fitri itu adalah karena bulan sabit atau hilal sudah terlihat dari beberapa wilayah kerajaan pada Senin malam.

Lebih lanjut, Pengadilan Tertinggi Saudi pada hari Sabtu meminta semua Muslim di seluruh Arab Saudi untuk mencoba dan menemukan bulan sabit pada Senin malam, 29 Ramadhan 1440H atau 3 Juni 2019. Setelah hilal terlihat pada Senin petang, maka Ramadahan di negara-negar Arab resmi berakhir. 

Sementara itu, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman melalui kabel diplomatik mengirim ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.