Menlu Rusia Sayangkan Rencana AS yang Akan Sebar Senjata di Luar Angkasa

 
Menlu Rusia Sayangkan Rencana AS yang Akan Sebar Senjata di Luar Angkasa

LADUNI.ID, Amerika Serikat (AS) berencana untuk menetapkan sistem pertahanan rudal di ruang angkasa akan mengarah ke tahap lain perlombaan senjata.

Hal itu dikatakan oleh Sergey Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia dalam sesi Dewan Menteri Luar Negeri BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, Afrika Selatan). 

Sergey Lavrov mengatakan "Kami prihatin dengan rencana AS untuk menempatkan senjata di ruang angkasa yang sudah dilaksanakan. Ini akan mengarah pada tahap kualitatif lain dari perlombaan senjata,".

Menteri luar negeri Rusia itu menjelaskan bahwa keamanan internasional terancam oleh meningkatnya anggaran militer dari beberapa negara dan kemunduran arsitektur stabilitas strategis yang telah berlangsung beberapa dekade.

Sergey Lavrov menambahkan"Seperti yang Anda ketahui, Rusia dan China telah mengajukan rancangan proposal tentang pencegahan penyebaran senjata di ruang angkasa di konferensi pelucutan senjata di Jenewa. Kami menghargai itu bahwa negara-negara BRICS mendukung resolusi tahunan tentang masalah mendesak ini pada sesi Majelis Umum PBB," pada Sabtu (27/7/2019).

"Contoh yang mencemaskan adalah upaya AS untuk menghancurkan perjanjian pertahanan rudal dan START yang baru (Perjanjian Strategis Pengurangan Nuklir). Ketidakpastian juga tetap ada di sekitar perjanjian INF (Perjanjian Nuklir Jarak Menengah). Kami telah menyarankan untuk memperpanjang tetapi belum mendengar tanggapan dari Washington," pungkasnya.