Pesantren Ushuluddin Magelang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Ushuluddin Magelang

Profil

Pondok Pesantren Ushuluddin terletak di Dusun Bawang, Desa Ngadirejo,Kec. Salaman, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Lokasi yang terletak di Pegunungan Manoreh.

Pesantren Ushuluddin yang didirikan di atas lahanseluas ± 6 ha telah penuh dengan bangunan-bangunan seperti mushola putra dan putri, asrama putra dan putri, klinik tanaman, pabrik MOCAF (Modified CassavaFlavour) dan sisanya adalah lahan pertanian yang ditanami dengan beberapa komoditas pangan, hortikultura, tanaman hias, dan beberapa palawija. Jumlah santri saat ini terdiri dari santri putri sekitar 28 orang dan santri putra sebanyak 30 orang di bawah asuhan Kyai H. Muh. Mansyur Hadziq.

Kegiatan di Pondok meliputi pengajian kitab-kitab kuning sebagai kegiatan utama. Disamping itu ada kegiatan ekstra yaitu kegiatan pertanian secara luas, hal ini dilakukan karena pesantren ini mengampu pendidikan non formal sehingga untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing, santri dibekali dengan kegiatan-kegiatan ekstra seperti pertanian.

Akan tetapi pada tahun 2008 telah diadakan Program Paket C untuk santri-santri Ushuluddin.Madrasah di PP Ushuluddin selain diikuti oleh santri mukim juga diikuti oleh “santri kalong” yaitu santri dari masyarakat sekitar yang tidak tinggal diasrama Ponpes. Hal ini tentu saja menjadikan komunitas ponpes semakin akrab dengan masyarakat.

Oleh karena itu, ponpes tidak menutup diri hanya dengan para santri saja namun juga membuka peluang bagi masyarakat untuk menimba ilmu melalui pengajian-pengajian umum yang sering diselenggarakan oleh  Ponpes, yaitu pengajian selapanan (pengajian setiap 35 hari sekali) setiap hari Rabu Pon yang diikuti oleh jama’ah pengajian di sekitar Kabupaten Magelang.

Seiring perjalanannya, ponpes Ushuluddin melebarkan sayapnya dengan mendapatkan program yang dinamakan lembaga mandiri yang mengakar di masyarakat dan koperasi pondok pesantren (Kopontren) dibawah payung Ushuluddin yang diperoleh pada tahun 2006 berupa bantuan dari Depertemen Pertanian dan Departemen Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk mengembangkan agribisnis secara luas.

Dengan adanya kegiatan LM3 ini maka sangat terbuka luas untuk membangun jaringan yang lebih banyak. Dalam perjalanannya telah banyak program yang dilakukan. Magang ini bertujuan untuk mengikuti proses-proses yang ada dalam klinik tanaman serta peran pondok pesantren dalam pengembangan bidang pertanian.

Pengasuh

  1. KH. Muh. Mansyur Hadziq

Pendidikan

Pendidikan Non formal

  1. Tahfidz Al-Qur'an
  2. Kurikulum Pesantren
  3. Madrasah Diniyah
  4. Program Paket C

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an, Ta’limul Qur’an
  2. Qiroatul Qur’an bit Tartil Wat Taghonni
  3. Belajar al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati
  4. Kursus Mu’allim Al Qur’an
  5. Pengajian Kitab Kuning
  6. seni Hadrah, khitobah
  7. Kursus Kaligrafi
  8. Bahasa Arab 
  9. Bahasa Inggris
  10. Seni Bela Diri.
  11. Ketrampilan Hidup/Kerja: Peternakan, Pertanian

 

 

 

 


Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Rumah Pengasuh
3. Gudang
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Ruang tamu
7. Kopontren
8. Dapur
9. Aula
10. Lapangan
11. Kantor
12. Lahan Pertanian
13. Lahan Perkebunan



Alamat

Dusun Bawang, Desa Ngadirejo,Kec. Salaman, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Kode Pos: 56162

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.