Pesantren Pagelaran 1 Subang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Pagelaran 1 Subang

PROFIL

Pondok Pesantren Pagelaran 1 merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam salafi yang didirikan oleh KH. Muhyiddin di desa Cimeuhmal kecamatan Tanjungsiang kabupaten Subang pada tahun 1920. KH. Muhyiddin merupakan seorang Ulama besar yang memiliki jasa dalam Kemerdekaan Indonesia. Karena dipimpin oleh seorang alim ulama yang termasyhur pada zamannya, Pondok Pesantren Pagelaran 1 ini sempat ramai dipenuhi santri-santri yang berdatangan. Namun sempat ditutup karena kekacauan yang timbul pasca revolusi kemerdekaan di Indonesia, yang akhirnya beberapa tahun kemudian Pondok Pesantren Pagelaran 1 dibuka kembali oleh putrinya yaitu Hj. Endeh Hayati.

Sistem pembelajaran terhadap kitab kuning di Pondok Pesantren Pagelaran 1 menggunakan metode balaghan dan sorogan yang dapat mempermudah santri dalam meningkatkan kemampuannya dalam belajar ilmu fiqh, ilmu nahwu, ilmu shorof, dan juga dalam berdakwah. Metode balaghan merupakan metode yang baik dalam peningkatan skill melogat dan juga penambahan kosa kata dalam bahasa arab. Tidak hanya itu, metode balaghan ini juga dapat memberikan ilmu pengetahuan yang mendalam dari kitab-kitab karangan ulama-ulama terdahulu.

Sudah menjadi budaya bagi Pondok Pesantren Pagelaran 1 dalam mempelajari kitab-kitab kuning. Di era digitalisasi yang serba memudahkan manusia dalam mencari informasi ini, pembelajaran terhadap kitab kuning di pesantren semakin ditinggalkan. Hal itu dikarenakan sudah canggihnya teknologi yang ada di zaman modern ini, yang mempengaruhi semangat santri dalam mengaji sehingga mengakibatkan menurunnya kualitas santri dalam menguasai kitab kuning. Maka dari itu, sistem pengajian yang ada di sebuah Pondok Pesantren khususnya Pondok Pesantren Pagelaran 1 lebih menitik beratkan kepada pembelajaran terhadap kitab kuning dengan menggunakan metode balaghan dan sorogan.

Metode sorogan dalam pengajian kitab kuning sejauh ini masih menjadi alternative pembelajaran yang sangat baik dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning, kemampuan menjelaskan, menghafal kosa kata bahasa arab, dan mempelajari nahwu dan shorofnya. Selama pembelajarannya, setiap santri mempunyai giliran untuk membaca kitab kuning dengan cara baca yang benar menurut ilmu nahwu dan shorofnya. Sehingga, santri Pagelaran 1 sudah terlatih dalam membaca kitab kuning dan juga akan lebih memudahkan mereka dalam mempelajarinya.

Jika mereka sudah dalam tahap mengerti dalam memperlajari kitab kuning, mereka akan lebih giat lagi dalam mempelajarinya, sehingga mereka akan haus akan ilmu pengetahuan dan pada akhirnya mereka akan menjadi seorang santri dengan kualitas yang tinggi dan beradab. Orang seperti itulah yang dibutuhkan pada zaman kini, yang bisa bertanggung jawab terhadap ilmunya dan dapat membuktikan bahwa dia juga mumpuni dalam hal agamanya sendiri. Tidak hanya omongan belaka, namun ia juga bisa membuktikan bahwa ia adalah seseorang dengan kemampuan mengaji yang baik dan benar. Karena, di zaman ini tidak sedikit orang-orang yang disebut ustadz, tetapi mereka seringkali salah menafsirkan Al-Qur’an dan Al-Hadits karena kurangnya pemahaman mereka dalam mempelajari ilmu nahwu dan ilmu shorof.

Maka dari itu, dalam menanamkan pembelajaran cepat terhadap ilmu nahwu dan shorof kepada para santri, Pondok Pesantren Pagelaran 1 selalu menerapkan budaya mengaji sorogan dan balaghan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam mengaji. Itulah pentingnya mengaji dengan menggunakan metode sorogan dan balaghan. Semoga artikel sederhana yang penulis tulis ini, dapat memotivasi para pembaca untuk tetap menerapkan metode tersebut di pesantrennya masing-masing.

 

Pengasuh

  1. KH. Muhyiddin
  2. Hj. Endeh Hayati
  3. KH. Drs Maman, SJ

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

  1. SMP Bani Muhydin Pagelaran 1
  2. SMA Bani Muhydin Pagelaran 1

Lembaga Non Formal

  1. Pesantren Salafi/MT
  2. DTA Pagelaran 1
  3. TK Pagelaran 1

BACA JUGA:  Susunan dan Tuntunan Lengkap Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Beserta Faedahnya (Tanpa Iklan)

EKSTRAKURIKULER

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Seni Qori'ah
  3. Kajian Kitab Kuning
  4. Beladiri Silat
  5. Muhadharah
  6. Pramuka
  7. PMR
  8. Pelatihan Komputer
  9. Basket
  10. Voli
  11. Sepakbola/Futsal
  12. Seni Tari
  13. Rebana/Hadroh
  14. Kaligrafi
  15. Menjahit
  16. Hafalan Al Qur'an
  17. Skill Life: Jaringan Komputer, Rakit Komputer, Menjahit, pelatihan komputer office/Windows


Pengajian kitab rutin di pesantren Pagelaran 1


Pelatihan komputer di pesantren Pagelaran 1

BACA JUGA :  Bagaimana Hukumnya Bagian Tubuh Manusia sebagai Bahan Obat-obatan?

FASILITAS

Fasilitas di Pesantren   

  1. Asrama
  2. Majid
  3. Mushola
  4. Madrasah
  5. Gedung Sekolah: TK, SMP, SMA
  6. Kantin
  7. Dapur Umum
  8. Perpustakaan
  9. Laboratorium IPA
  10. Laboratorium Komputer
  11. Laboratorium Bahasa
  12. Aula
  13. Dan lain-lain


Masjid di pesantren Pagelaran 1


Gedung Sekolah di Pagelaran 1

BACA JUGA:  Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Madiun

ALAMAT

Desa Cimeuhmal, RT 24 RW 01, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Kode Pos:  41284

Telepon : 0853-1571-7211
              0853-2167-7211
              0852-2008-0571
           

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.