Biografi KH. Ahmad Hadlor Ihsan

 
Biografi KH. Ahmad Hadlor Ihsan

Daftar Isi

1         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Organisasi,Karya, dan Karier
4.1      Riwayat Organisasi
4.2       Karya-karya Beliau
4.3       Karier Beliau

5         Penghargaan

6         Referensi

1         Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

KH. Ahmad Hadlor Ihsan atau biasa dipanggil dengan kiai Hadlor dalam kesehariannya adalah seorang da’i dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah di Mangkang Kulon, Tugu Kota Semarang. Beliau dilahirkan di Semarang tepatnya pada tanggal 5 Juni 1957. Ayahanda beliau bernama KH. Mujidan (Almarhum), sedangkan Ibundanya bernama Hj. Nyai Chodliroh (Almarhumah). Ibu Nyai Chodliroh merupakan putri dari KH. Ihsan bin Mukhtar, pendiri Pondok Pesantren Al-Ishlah Mangkang Kulon, Tugu, Kota Semarang. KH. Ahmad Hadlor
Ihsan adalah putra pertama dari dua bersaudara, dan adik dari KH. Ahmad Hadlor Ihsan bernama Hj. Mazroah.

1.2       Riwayat Keluarga

KH. Ahmad Hadlor Ihsan memiliki seorang putri yang bernama Hj. Dzurwatul Muna yang sedang menempuh kuliah sarjananya di Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, di mana beliau menempuh dua kuliah sekaligus.

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Mengembara Menuntut Ilmu

Bagi KH. Ahmad Hadlor Ihsan, pendidikan agama itu sangatlah penting karena latar belakang pendidikan beliau, bisa dilihat dari tempat dimana saja beliau menuntut ilmu. Selain di sekolah umum, beliau juga menuntut ilmu di Pondok Pesantren demi keinginannya untuk memperdalam ilmu agama. Setelah mengenyam pendidikan di MI Ianatusshibyan Semarang selama enam tahun, beliau langsung melanjutkan pendidikan di MTs NU Nurul Huda Semarang. Setelah itu, beliau melanjutkan di Pondok Pesantren Al-Ishlah, Mangkang Kulon Semarang.

KH. Ahmad Hadlor Ihsan mendapatkan pendidikan agama dari lingkungan keluarganya sendiri yakni dari Pondok Pesantren Al-Ishlah. Beliau pernah mondok di Solo dan pernah menjadi santri kalong di beberapa Pondok Pesantren di Mangkang. Pendidikan sarjana,songo Semarang.

Tamatnya KH. Ahmad Hadlor Ihsan di Pondok Pesantren Al-Ishlah Semarang, beliau kemudian melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi yang ada di Semarang, yakni di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Semarang.

2.2       Guru-Guru Beliau

           KH. Mujidan
 

2.3       Mengasuh Pesantren

Pondok Pesantren Al-Ishlah Mangkang Kulon, Tugu, Kota Semarang diasuh oleh KH. Ahmad Hadlor Ihsan dan dibantu oleh istri beliau yakni Hj. Nyai Aminah Hadlor binti KH. Shodri. KH. Ahmad Hadlor Ihsan mengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah dari tahun 1996 sampai sekarang.

3          Penerus Beliau

3.1       Anak-anak Beliau

 Hj. Dzurwatul Muna

3.2       Murid-murid Beliau

Murid-murid beliau adalah para santri di pesantren Al-Ishlah Mangkang Kulon, Tugu, Kota Semarang

 

4         Organisasi,dan Karya

4.1       Riwayat Organisasi

  1. Wakil Rais Syuriah PWNU JATENG
  2. menjabat sebagai Rois Syariah NU Cabang Kota Semarang pada Periode 2001-2006 (Periode I) dan Periode 2006-2011 (Periode II).
  3. Anggota MUI
  4. Pengurus Masjid Agung Jawa Tengah 
  5. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah, Mangkang Kulon, Tugu, Kota Semarang
  6. Ketua KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Kota Semarang

4.2       Karya Beliau

Karya yang telah dibuat oleh KH. Ahmad Hadlor Ihsan adalah bukti kecintaan beliau pada Nabi Muhammad Saw. Karya beliau berisi tentang keutamaan bershalawat. Shalawat tersebut mengajak umat manusia agar senantiasa menaati Allah Swt dan para ulama. Adapun karya beliau yakni sebuah karya shalawat yang berjudul “Shalawat Ulama”.

5       Referensi

https://123dok.com/article/biografi-ahmad-hadlor-ihsan-mangkang-kulon-kecamatan-semarang.q7x8l3ky

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya