Pesantren Falahul Muhibbin Jombang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Falahul Muhibbin Jombang

PROFIL

Pesantren Falahul Muhibbin di Dusun Gendong, Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Pondok pesantren tersebut berdiri sejak tahun 2003 yang didirikan Almarhum KH. Dhucha Tholhah. Awalnya  KH. Dhucha Tholhah mengadakan sebuah pengajian Al Qur’an dan kitab yang diadakan di rumah dengan para santri yang berasal dari lingkungan dusun sekitar.

Saat setelah Neng Fitrotul Himmah sudah selesai dari pondoknya, beliau dinikahkan dengan KH. Nur Hadi (Mbah Bolong), alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Dengan berkat bantuan dan dukungan yang diberikan sang menantu (Mbah Bolong) perkembangan santri semakin banyak.

Selang beberapa waktu kemudian, ada seorang santri yang berkeinginan untuk ikut bertempat dan mengabdi kepada Mbah Bolong. Namun, karena keterbatasan tempat, Mbah Bolong berinisiatif memanfaatkan kamar berukuran sekitar 2,5 meter x 4 meter yang ada di belakang rumah.

“Dari berjalannya waktu, beberapa wali santri dari luar desa maupun luar kota akhirnya berdatangan untuk memondokkan anaknya di sini. Dan lama kelamaan kamar kok tidak cukup untuk menampung para santri lagi. Sehingga, saya mulai membuat kamar dan musala,” paparnya.

Sejak itulah di Dusun Gendong secara resmi berdiri Pondok Pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Watugaluh atau yang sekarang menjadi Pesantren Falahul Muhibbin

Untuk mengembangkan Ponpes tersebut tidak terlepas juga dari dukungan sang putra kedua dari KH. Dhucha Tholhah yakni Agus Maimun Dhuha terutama dalam pendidikan Madrasah Diniyah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.