Pesantren Falahul Muhibbin Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0.
 
Pesantren Falahul Muhibbin Jombang

PROFIL

Pesantren Falahul Muhibbin di Dusun Gendong, Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Pondok pesantren tersebut berdiri sejak tahun 2003 yang didirikan Almarhum KH. Dhucha Tholhah. Awalnya  KH. Dhucha Tholhah mengadakan sebuah pengajian Al Qur’an dan kitab yang diadakan di rumah dengan para santri yang berasal dari lingkungan dusun sekitar.

Saat setelah Neng Fitrotul Himmah sudah selesai dari pondoknya, beliau dinikahkan dengan KH. Nur Hadi (Mbah Bolong), alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Dengan berkat bantuan dan dukungan yang diberikan sang menantu (Mbah Bolong) perkembangan santri semakin banyak.

Selang beberapa waktu kemudian, ada seorang santri yang berkeinginan untuk ikut bertempat dan mengabdi kepada Mbah Bolong. Namun, karena keterbatasan tempat, Mbah Bolong berinisiatif memanfaatkan kamar berukuran sekitar 2,5 meter x 4 meter yang ada di belakang rumah.

“Dari berjalannya waktu, beberapa wali santri dari luar desa maupun luar kota akhirnya berdatangan untuk memondokkan anaknya di sini. Dan lama kelamaan kamar kok tidak cukup untuk menampung para santri lagi. Sehingga, saya mulai membuat kamar dan musala,” paparnya.

Sejak itulah di Dusun Gendong secara resmi berdiri Pondok Pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Watugaluh atau yang sekarang menjadi Pesantren Falahul Muhibbin

Untuk mengembangkan Ponpes tersebut tidak terlepas juga dari dukungan sang putra kedua dari KH. Dhucha Tholhah yakni Agus Maimun Dhuha terutama dalam pendidikan Madrasah Diniyah.

Setelah banyaknya santri dan adanya pendidikan diniyah yang sudah berjalan, maka Mbah Bolong menganjurkan mertua dan adik iparnya untuk silaturahmi ke KH. Moch Djamaluddin Ahmad (Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhibbin, Bahrul Ulum Tambakberas Jombang) tentang Pondok Watugaluh.

“Dari hasil silaturahmi itulah, nama Pondok Pesantren Watugaluh diganti menjadi Pondok Pesantren Falahul Muhibbin yang merupakan pemberian dari KH. Moch Jamaluddin Ahmad. Nama Falahul Muhibbin diambil dari dua nama Pondok Pesantren, yaitu, Al-Falah (Pondok Pesantren Ploso Kediri) dan Al-Muhibbin (Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang),” tandasnya.

Sejak itulah nama Pondok Pesantren Watugaluh resmi diganti menjadi Pondok Pesantren Falahul Muhibbin pada tahun 2008. Dengan jumlah santrinya saat ini ada sekitar 300 santri baik putra maupun putri.

Variabel terbesar keberhasilan pendidikan di pesantren adalah akhlak. Kerananya pola pembinaan selama 24 jam diterapkan di pesantren tersebut. Dalam aktivitas sehari-hari, para santri dididik, dibimbing dan ditempa mulai dari bangun tidur untuk shalat tahajud, shalat shubuh dan dzikir berjamaah. Selain itu juga dilakukan kursus penguatan bahasa, shalat dhuha, sekolah formal, sekolah diniyyah dan mengaji dengan pengasuh pondok.

Sumber: https://nu.or.id/pesantren/pesantren-mambaus-sholihin-bintan-berdiri-berkat-semangat-alumni-aG0J

Pengasuh

  1. KH. Dhucha Tholhah
  2. KH. Nur Hadi

Baca juga :  Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ)​ Wonosobo

PENDIDIKAN
Pendidikan Formal

  1. SMP
  2. SMK

​​Pendidikan Non Formal

  1. Madrasah Diniyah Salafiyah
  2. Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ)
  3. Majelis Taklim

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah

EKSTRAKURIKULER
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Tahsinul Qur'an
  3. Kajian kitab kuning
  4. Kaligrafi
  5. Hadrah
  6. Marawis
  7. Dakwah
  8. Tahlilan dan Yasinan
  9. Barjanzi
  10. Pramuka
  11. Paskibra
  12. Marching band
  13. PMR
  14. Teknik Komputer
  15. Bahasa Arab
  16. English Club
  17. Beladiri
  18. Futsal


 


Hadrah di pesantren Falahul Muhibbin


Praktek Tata Boga di pesantren
Falahul Muhibbin

FASILITAS
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Masjid
  2. Kantor Sekolah
  3. Gedung asrama putra dan putri
  4. Gedung Sekolah
  5. Aula
  6. Kantor dewan santri
  7. Lapangan olahraga
  8. Kantin
  9. Dapur umum
  10. Poskestren
  11. Gudang
  12. Kopestren
  13. Toilet putra dan putri


Gedung pesantren di pesantren Falahul Muhibbin

Gedung sekolah di pesantren Falahul Muhibbin

Baca juga :   Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung

ALAMAT

Dusun Gendong, Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Kode Pos       :  61485

Telepon          : (0321)868-331

 

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.