Biografi Sahabat Abu Hudzaifah bin Utbah

 
Biografi Sahabat Abu Hudzaifah bin Utbah
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar isi Biografi Sahabat Abu Hudzaifah bin Utbah

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Kisah-kisah
2.1  Julukan
2.2  Memeluk Islam
2.3  Hijrah ke Habasyah dan Madinah
2.4  Mengikuti Peperangan

3.    Chart Silsilah
3.1  Chart Silsilah Sanad

4.    Referensi

Qais bin Utbah bin Rabiah bin Abdul Syam bin Abdul Manaf yang terkenal dengan Abu Hudzaifah merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW.

1. Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Abu Hudzaifah bin Utbah lahir pada tahun 42 sebelum hijriyah. Beliau dilahirkan dari rahim ibu yang bernama Fatimah binti Safwan bin Umayyah al Kinani.

1.2 Wafat

Abu Hudzaifah bin Utbah sahid dalam perang Yamamah. Ibnu Sa’ad mengatakan umurnya pada syahid 53 atau 54 tahun dan Ibnu Hajar berpendapat usianya berumur 56 tahun.

2. Kisah-kisah

2.1 Julukan

Beliau memiliki julukan Abu Hudzaifah bin Utbah, namun terjadi perbedaan dalam pencatatan namanya. Ibnu Sa’ad menamainya “Husyaim” dan Ibnu Hisyam menamainya “Mihsyam” dan Khalifah bin Khayyath menamainya “Hisyam” dan sebagian lainnya juga menjulukinya “Hasyim.” Al Suhaili berpendapat nama asli Abu Hudzaifah adalah Qais sementara Mihsyam adalah sosok lain yang merupakan salah seorang keturunan dari Mughirah bin Abdullah bin Umar bin Makhzum.

2.2 Memeluk Islam

Abu Hudzaifah telah menganut Islam sebelum kedatangan Nabi Muhammad SAW ke rumah Arqam untuk mengajak masyarakat masuk Islam. Hindun saudara perempuannya, Istri Abu Sufyan melantungkan dua bait syair untuknya, yang mana dua bait syair tersebut dianggap berkenaan dengan perang Badar ketika itu Abu Huzaifah mengajak ayahnya untuk ikut dalam peperangan.

2.3 Hijrah ke Habasyah dan Madinah

Abu Hudzaifah hijrah ke Habasyah (Etiopia) bersama dengan istrinya Sahlah binti Suhail bin Umar. Putranya bernama Muhammad lahir di Habasyah.Disebutkan dalam pernyataan Ibnu Sa'ad bahwa dia dua kali berhijrah ke Habasyah, pandangan ini juga ditekankan oleh Ibnu Kulabi dan Baladzuri.

Ketika tersebar berita bohong di Habasyah mengenai masuk Islamnya kaum Musyrikin Mekah, sebagian dari kaum muslimin yang telah berhijrah, memutuskan kembali ke Mekah. Namun setibanya mereka di Mekah, ternyata semua itu bagi mereka hanya berita kosong dan tidak benar, sehingga tidak ada jalan lain bagi mereka untuk mencari perlindungan dan persembunyian. Apakah itu berlindung pada suatu tempat yang dianggap aman atau meminta perlindungan dari para pembesar kaum Quraisy, saat itu Abu Hudzaifah berada dalam perlindungan Umaiyah (bin Khalaf).

Abu Hudzaifah termasuk diantara sahabat yang pertama melakukan hijrah ke Madinah bersama dengan Salim. Di Madinah ia menetap di kediaman 'Abbad bin Bisyr. Nabi Muhammad saw kemudian mengikatkan Akad Persaudaraan antara Abu Hudzaifah dan 'Abbad

2.4 Mengikuti Peperangan

Abu Hudzaifah telah ikut dalam beberapa peperangan di antaranya perang Badar, Uhud, Khandaq, Hudaibiyah dan peperangan lain yang tidak sempat disebutkan namanya. Begitu juga ia telah banyak ikut dalam peperangan seperti salah satunya adalah perang yang dipimpin oleh Hamzah bin Abdul Mutthalib 7 bulan setelah Hijrah dan perang yang dipimpin oleh Abdullah bin Jahsy serta perang yang dikomandoi oleh Abu Salma. Dari periwayatannya sendiri, ia ikut dalam perang Badar yang saat itu ayahnya terbunuh karena tebasan pedang. Ia mengalami luka pada perang tersebut. akan tetapi sebagian pendapat menyebutkan bahwa yang membunuh Utbah bin Rabiah adalah Hamzah atau Hamzah dan Ali as.

3. Chart Silsilah

3.1 Chart Silsilah Sanad

Abu Hudzaifah banyak belajar langsung kepada Nabi Muhammad SAW. berikut ini merupakan chart silsilah sanad beliau dapat dilihat DI SINI.

4. Referensi

id.wikishia.net/view/Abu_Hudzaifah

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya