Profil Ulama

 

Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Tidak Mempersoalkan Afiliasi Politik Ulama

Dalam mubes ini kita sudah mengubah format struktural, di mana orang tua kita sepeti Abu Mudi berada di tingkatan syuria, bukan lagi di level eksekutif. Kami hanya mengemban amanah guru-guru kami menjadi pelaksana harian.

KH. Ahmad Abdul Hamid Sang Kreator Kalimat  Billahi Taufiq dan  Wallahul Muwaffiq

KH. Ahmad Abdul Hamid sang kreator kalimat Billahit taufiq wal-hidayah atau Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamith Thariq yang diucapkan atau ditulis sebelum salam penutup

Amir Husein Al-Mujahid, Kharisma Sebagai Ulama Mujtahid dan Mujahid

Amir Husein Almujahid dilukiskan sebagai seorang pejuang yang akan senantiasa menginspirasi generasi setelahnya untuk mencintai ilmu, memaknai hidup dalam lentera Islam, menjadi sumbu penerang dan mengisi nikmat kemerdekaan dengan bekal diri yang  berkekuatan spiritual dan bermarwah.    

Ali Hasjmy #16: Sosok Ulama dan Tokoh Pendidikan

Apabila disimak lebih jauh, kepeloporan Ali Hasjmy di bidang pendidikan ini, pada prinsipnya bukan hanya sekedar sebagai pembuat atau pencetus ide, melainkan sebagai pembangun dan pelaksana pendidikan.

Ali Hasjmy #15  : Sosok Penyair Islam dan Kebangsaan Indonesia

Baru pada tahun 1939 ia memperoleh imbalan yang layak dari dua novelnya, yakni Bermandi Cahaya Bulan (1938) dan Melalui Jalan Raya Dunia (1939) yang juga diupayakan oleh penerbit Medan. Karya-karya Ali Hasjmy antara lain, (1) Sayap Terkulai (novel, 1936), (2) Suara Azan dan Lonceng Gereja (novel, 1948).

Ali Hasjmy #12: Pendiri Fakultas Dakwah Pertama di Indonesia

Ali Hajsmy juga hampir sepanjang hayatnya mempromosikan moderasi Islam; Islam yang tidak ke kanan, tidak pula ke kiri. Hasjmy, melalui keluasan ilmunya dan integritas pribadinya, menjadi jembatan hadirnya dialog antara keislaman dan kebangsaan. Beberapa hal yang dilakukannya  sangat menarik untuk dikaji.

Ali Hasjmy #11: Ulama Sederat Bintang Jasa Nusantara dan Dunia

 Semua tanda jasa dan penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, dan mengenai jenis tanda jasa atau penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, dan mengenai jenis keterangan berikut, dan mengenai jenis tanda jasa atau penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, diantara penghargaan dan tanda jasa tersebut adalah :

Ali Hasjmy #10: Ini Karangan Populer Ali Hasymy

 Selain itu,  Hasjmy  juga dicatat sebagai budayawan dan sejarawan, yang kemudian melahirkan gagasan tentang Dunia Melayu Raya, sebuah gagasan yang menjelaskan dimana di semenanjung Nusantara, ada sebuah titik pertemuan identitas yang bernama M

Ali Hasjmy #9: Sang Ulama Produktif di Dunia Literasi

Selain berbagai aktivitas yang telah dilakukan semasa hidupnya, tokoh ini juga sarat dengan buku-buku ilmiah hasil karangan dan buah pikirannya.  Oleh karena itu, tidak heran kalau tokoh ini juga dikenal dengan penulis buku ternama di tanah rencong ini. 

Ali Hasjmy #8: Jenjang Karier Ali Hasjmy

Terlepas dari penilaian tentang buku-buku yang ditulis, namun dari apa yang dilakukan melalui tulisan-tulisan yang dibukukan tidak dapat dibantah bahwa Ali Hasjmy adalah seorang penulis yang produktif, bukan saja untuk ukuran daerah Aceh tapi juga untuk konsumsi Nasional bahkan Regional. Dari produktifitas inilah