Pesantren Baitul Burhan Karawang

Pesantren Baitul Burhan Karawang

Profil
Pondok Pesantren Baitul Burhan dibangun pada akhir tahun 1999. Bertempat di kp. Jarakah 02 RT. 0502 desa Lemahduhur kecamatan Tempuran kabupaten Karawang. Nama Baitul Burhan diambil dari dua nama pesantren. Baitul diambil dari nama depan ponpes Baitul Hikmah Haur Kuning. Yaitu pesantren pertama beliau menimba ilmu. Kemudian Burhan diambil dari nama ponpes Miftahul Huda Al-Burhani, yaitu ponpes milik ayahnya. Maka jadilah nama Baitul Burhan.
Pesantren ini pada awalnya berdiri di tanah seluas 1240 m2 dan hanya memiliki lima asrama tiga diantaranya asrama putra dan dua asrama putri, satu majlis dan satu rumah kyai yang letaknya diantara asrama putra dan putri.

Tipe bangunan yang juga ditemukan di pesantren lain pada umumnya. Namun jika kita biasa menemukan masjid sebagai pusat pendidikan di lingkungan
pesantren, tetapi tidak dengan ponpes Baitul Burhan. Untuk sementara masjid yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lingkungan pesantren
dijadikan tempat untuk keperluan shalat berjamaah atau acara-acara keagamaan lainnya. Cikal bakal berdirinya ponpes Baitul Burhan diawali dari hijrahnya Ajengan Sofwan Abdul Ghoni dari Plered Purwakarta ke kampung halaman istrinya yaitu ustadzah Imas di kp. Jarakah desa Lemahduhur kecamatan Tempuran kabupaten Karawang. Saat tinggal di Plered beliau menjadi salah satu pengajar di ponpes Miftahul Jannah, yaitu ponpes milik ayahnya KH. Burhanudin. Ustadzah Imas adalah salah satu santri putri di pesantren itu, yang notabene adalah santri beliau juga. Namun karena ada konflik internal disebabkan adanya perbedaan
pandangan mengenai konsep pedidikan pesantren, akhirnya Ajengan Sofwan Abdul Ghonimemutuskan untuk hijrah ke Karawang Jawa Barat.

Ditempat yang baru untuk sementara beliau bersama anak dan istri tinggal di rumah mertuanya yaitu H. Dasman. Semangat dakwahnya semakin berkobar, apalagi melihat kondisi masyarakat sekitar yang jauh dari nilai-nilai keislaman. Banyaknya praktek-praktek kurafat, anak-anak muda jauh dari masjid, tidak pernah terdengar ada pengajian. Kurang lebih selama setahun sejak hijrah dari Tegal Jati Plered Purwakarta beliau beradaptasi dengan lingkungan dan bersosialisasi dengan masyarakat, melakukan pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pendidikan
1. SMP Islam Fathonul Burhan 
2. MA Fathonul Burhan

3. Madin

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Tahfidz Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Pendidikan Baca al-Qur’an
6. Diskusi Ilmiah 
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14.
Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah

Alamat
kp. Jarakah 02 RT. 0502 desa Lemahduhur kecamatan Tempuran kabupaten Karawang

 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.