Dipakai di Resepsi Diplomatik, Kalung Zamrud Ratu Elizabeth II Jadi Perhatian

 
Dipakai di Resepsi Diplomatik, Kalung Zamrud Ratu Elizabeth II Jadi Perhatian

LADUNI.ID, Jakarta - Juru bicara Istana Buckingham menyebut kalung zamrud dan berlian Ratu Elizabeth II menarik perhatian saat menggelar Resepsi Diplomatik tahunan yang digelar di Istana Buckingham, London, Rabu (11/12) lalu.

Adapun kalung itu diyakini baru pertama kali dikenakan Ratu di depan umum. Ratu mamakai kalung itu dengan gaun kebesarannya yang bersulam putih oleh Angela Kelly dan tiara Vladimir yang juga bertatahkan zamrud.

Menurut sebuah laporan, kalung itu sempat ditolak Meghan Markle untuk dikenakan pada pernikahannya pada 2018. Ratu juga mengenakan dua gelang Cartier Art Deco yang ditata dengan berlian dan zamrud.

Seperti kalung yang dikenakan Ratu, perhiasan Greville juga disebut misterius. Menurut sejarah, perhiasan itu diwariskan kepada mendiang Ibu Suri pada 1942 oleh seorang bangsawan Dame Margaret Greville. Sebelumnya, koleksi tersebut diyakini milik Marie Antoinette dan Permaisuri Josephine dari Prancis.

Margaret Greville diketahui berteman dekat dengan Raja George VI dan istrinya, Elizabeth Bowes-Lyon, ibu sang Ratu. Ketika Margaret meninggal pada 1942, ia meninggalkan koleksi perhiasannya kepada Elizabeth dan berbagai perhiasan, termasuk tiara Greville, yang masih dipakai oleh keluarga kerajaan hingga saat ini.

"Perhiasan itu diberikan dalam kotak timah hitam," tulis akun badan amal bersejarah The National Trust, pemilik baru rumah keluarga Dame Greville di Surrey, Inggris. "Sampai hari ini, kami masih belum tahu semua yang terkandung dalam kotak timah hitam itu."

Dalam acara itu, Ratu didampingi oleh Pangeran William, Kate Middleton, Pangeran Charles dan Camilla, perempuan berusia 93 tahun itu memasuki pesta yang dihadiri sekitar 1 1.000 tamu termasuk duta besar, dan pejabat pemerintah.

Selain itu, ia juga mengenakan kalung berlian yang dipadukan dengan batu zamrud hijau yang belum pernah ia kenakan.

Kalung itu menampilkan 10 batu besar, menyerupai Greville Emerald Necklace ikonik yang menjadi favorit almarhum Ratu sebelumnya. Publik pun bertanya-tanya, apakah itu kalung yang sama tapi dimodifikasi atau sama sekali baru.