Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 267

Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa sesuatu yang dinafkahkan seseorang haruslah berasal dari miliknya yang baik dan disukai, bukan yang buruk dan sudah tidak lagi disukai. Ayat ini turun sebagai teguran bagi beberapa sahabat pada masa Nabi yang berinfak dengan hal-hal yang buruk dan rendah kualitasnya.

  1. عَنِ الْبَرَاءِ، ‏(‏وَلاَ تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ‏)‏ قَالَ: نَزَلَتْ فِينَا مَعْشَرَ الأَنْصَارِ، كُنَّا أَصْحَابَ نَخْلٍ فَكَانَ الرَّجُلُ يَأْتِي مِنْ نَخْلِهِ عَلَى قَدْرِ كَثْرَتِهِ وَقِلَّتِهِ وَكَانَ الرَّجُلُ يَأْتِي بِالْقِنْوِ وَالْقِنْوَيْنِ فَيُعَلِّقُهُ فِي الْمَسْجِدِ وَكَانَ أَهْلُ الصُّفَّةِ لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ فَكَانَ أَحَدُهُمْ إِذَا جَاعَ أَتَى الْقِنْوَ فَضَرَبَهُ بِعَصَاهُ فَيَسْقُطُ مِنَ الْبُسْرِ وَالتَّمْرِ فَيَأْكُلُ وَكَانَ نَاسٌ مِمَّنْ لاَ يَرْغَبُ فِي الْخَيْرِ يَأْتِي الرَّجُلُ بِالْقِنْوِ فِيهِ الشِّيصُ وَالْحَشَفُ وَبِالْقِنْوِ قَدِ انْكَسَرَ فَيُعَلِّقُهُ فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَبَارَكَ تَعَالَى‏:‏ ‏(‏يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الأَرْضِ وَلاَ تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلاَّ أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ‏)‏ قَالَ: لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ أُهْدِيَ إِلَيْهِ مِثْلُ مَا أَعْطَى لَمْ يَأْخُذْهُ إِلاَّ عَلَى إِغْمَاضٍ وَحَيَاءٍ قَالَ فَكُنَّا بَعْدَ ذَلِكَ يَأْتِي أَحَدُنَا بِصَالِحِ مَا عِنْدَهُ. (1)

    Menjelaskan sebab nuzul firman Allah, wala> tayammamul-khabi>s\a minhu tunfiqu>n, Al-Bara>’ (bin ‘Araka wa ta‘a>la> lalu menurunkan ayat, ya> ayyuhal-laz\i>na a>manu> anfiqu> min t}ayyiba>ti ma> kasabtum wamimma> akhrajna> lakum minal-ard}i wala> tayammamul-khabi>s\a minhu tunfiqu>na walastum bi’a>khiz\i>hi illa> an tugmid}u> fi>h.” Menjelaskan ayat ini, Al-Bara>’ berkata, “Seandainya salah seorang dari kalian diberi seperti yang diberikannya kepada orang lain, niscaya ia tidak akan mengambilnya, kecuali sambil memejamkan mata atau dengan rasa malu. Setelah ayat ini turun, masing-masing dari kami datang membawa kurma terbaik yang dimilikinya.”

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Sahih; diriwayatkan oleh at-Tirmiz\iy dari jalur Abu> Ma>lik al-Gifa>riy. Ia menyatakan hadis ini h}asan s}ah}i>h} gari>b. Lihat: Abu> i>sa> at-Tirmiz\iy, Sunan at-Tirmiz\iy, dalam Kita>b Tafsi>r al-Qur’a>n, Ba>b wa min Su>rah al-Baqarah, hlm. 668–669, hadis nomor 2987. Hadis serupa namun dari jalur berbeda, yakni melalui Asba>t} bin Nas}r dari as-Suddiy dari ‘Adiy bin s\a>bit, diriwayatkan oleh Ibnu Ma>jah dan al-H{a>kim. Dalam ta‘li>q az\-Z|ahabiy atas al-Mustadrak; ia setuju dengan klaim al-H{a>kim bahwa hadis ini sahih menurut syarat Muslim. Lihat: Ibnu Ma>jah, Sunan Ibni Ma>jah, dalam Kita>b az-Zaka>h, Ba>b an-Nahy an Yukhrij fi> as}-h}adaqah Syarr Ma>lih, hlm. 317, hadis nomor 1822; al-H{a>kim, al-Mustadrak, dalam Kita>b at-Tafsi>r, Ba>b wa min Su>rah al-Baqarah, juz 2, hlm. 313, hadis nomor 3127. Riwayat ini dikemukakan oleh oleh al-Wa>h}idiy, Asba>b Nuzu>l al-Qur’a>n, hlm. 90; Muqbil bin Ha>di>, as}-S{ah}i>h}} al-Musnad min Asba>b an-Nuzu>l, h. 46–47; ‘Is}a>m bin ‘Abdul-Muh}sin, as}-S{ah}i>h}} min Asba>b an-Nuzu>l, hlm. 77–78.