Asbabun Nuzul Surat Al-Anfal Ayat 36

Usai menderita kekalahan pada Perang Badar, Abu> Sufya>n mengajak kaum Quraisy untuk menggalang dana dalam rangka memerangi kaum muslim dan membalas dendam atas kekalahan mereka. Ayat di atas turun berkaitan dengan kejadian ini.

  1. عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ فِيْ قَوْلِهِ: (إِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا يُنْفِقُوْنَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوْا عَنْ سَبِيْلِ اللهِ فَسَيُنْفِقُوْنَهَا...) الآية، قَالَ: نَزَلَتْ فِيْ أَبِيْ سُفْيَانَ بْنِ حَرْبٍ اسْتَأْجَرَ يَوْمَ اُحُدٍ أَلْفَيْنِ مِنَ الْاَحَابِيْشَ مِنْ كِنَانَةَ، فَقَاتَلَ بِهِمُ النَّبِيَّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سِوَى مَنِ اسْتَجَاشَ مِنَ الْعَرَبِ. (1)

    Sa‘i>d bin Jubair memberi penjelasan terkait firman Allah, innal-laz\i>na kafaru> yunfiqu>na amwa>lahum liyas}uddu> ‘an sabi>lilla>hi fasayunfiqu>naha> ... “Ayat ini turun terkait Abu> Sufya>n bin H{arb. Pada Perang Uhud ia menyewa dua ribu tentara Ah}a>bi>sy (tentara gabungan dari berbagai kabilah) dari Suku Kinanah. Ia memerangi Nabi s}allalla>hu ‘alaihi wasallam bersama mereka, selain orang-orang Arab lain (bukan tentara) yang dibayarnya untuk menjadi tentara.”

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Hasan; diriwayatkan oleh Ibnu Abi> H{a>tim dari ayahnya dari i>sa> bin Abi> Fa>t}imah dari Ya‘qu>b al-Qummiy dari Ja‘far bin Abi> Mugi>rah dari Sa‘i>d bin Jubair secara mursal. Lihat: Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 5, hlm. 1697, nomor 9054. Abu> Umar Na>di> mengatakan bahwa para perawi tersebut s\iqah, selain 'I bin Abi> Fa>t}imah. Ia sendiri merupakan perawi yang s}adu>q (jujur). Lihat: Abu> Umar Na>di>, al-Maqbu>l min Asba>b an-Nuzu>l, h. 351. Ada banyak riwayat mursal lain yang senada dan diriwayatkan dari tabiin yang berbeda, misalnya dari Muja>hid, al-H{akam bin ‘Utaibah, Qata>dah, as-Suddiy, dan Ibnu Abza>. Lihat: Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 5, hlm. 1697, nomor 9053; at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n, juz 11, hlm. 171–173. Satu-satunya riwayat yang maus}u>l disebutkan oleh as-Suyu>t}iy dari Ibnu Mardawaih dari Ibnu ‘Abba>s. As-Suyu>t}iy, ad-Durr al-Mans\u>r, juz 7, hlm. 120. Riwayat-riwayat yang mursal di atas bisa dijadikan penguat atas hadis maus}u>l dari Ibnu Mardawaih tersebut.