Asbabun Nuzul Surat At-Taubah Ayat 30
Beberapa orang Yahudi menemui Rasulullah dan menyatakan diri tidak akan mengikuti ajaran Islam karena beliau enggan mengikuti kiblat mereka dan tidak mau mengakui ‘Uzair sebagai putra Allah. Terkait kejadian ini turunlah ayat di atas.
-
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: أَتَى رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم سَلَامُ بْنُ مِشْكَمٍ وَنُعْمَانُ بْنُ أَوْفَى أَبُوْ أَنَسٍ وَمَحْمُوْدُ بْنُ دِحْيَةَ وَشَأْسُ بْنُ قَيْسٍ، وَمَالِكُ بْنُ الصَّيْفِ، فَقَالُوْا لَهُ:كَيْفَ نَتَّبِعُكَ وَقَدْ تَرَكْتَ قِبْلَتَنَا، وَأَنْتَ لَا تَزْعُمُ أَنَّ عُزَيْرًا ابْنُ اللهِ؟ فَأَنْزَلَ اللهُ فِيْ ذَلِكَ مِنْ قَوْلِهِمْ: (وَقالَتِ اليَهُودُ عُزَيْرٌ ابْنُ اللّهِ وَقالَتِ النَّصَارَى المَسِيحُ ابْنُ اللّهِ ذَلِكَ قَوْلُهُمْ بِأَفْوَاهِهِمْ يُضَاهِئُوْنَ قَوْلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْ مِنْ قَبْلُ قَاتَلَهُمُ اللهُ أَنَّى يُؤْفَكُونَ). (1)
Ibnu ‘Abba>s berkata, “Sala>m bin Misykam, Nu‘ma>n bin Aufa> Abu> Anas, Mah}mu>d bin Dih}yah, Sya’s bin Qais, dan Ma>lik bin h}aif menemui Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam. Mereka berkata, ‘Bagaimana kami akan mengikutimu, sedang engkau telah meninggalkan kiblat kami dan engkau juga tidak mau mengakui ‘Uzair sebagai putra Allah?’ Berkaitan dengan perkataan mereka ini Allah menurunkan ayat, waqa>latil-yahu>du ‘uzairunibnulla>hi waqa>latin-nas}a>ra>l-masi>h}ubnulla>hi z\a>lika qauluhum bi afwa>hihim yud}a>hi’u>na qaulal-laz\i>na kafaru> min qablu qa>talahumulla>hu anna> yu’faku>n.”
Sumber artikel:
Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017
(1) Hasan; diriwayatkan oleh at}-T{abariy dan Ibnu Abi> H{a>tim. at}-T{abariy meriwayatkannya dari Abu> Kuraib dari Yu>nus bin Bukair dari Ibnu Ish}a>q dari Muh}ammad bin Abu> Muh}ammad dari Sa‘i>d bin Jubair atau ‘Ikrimah dari Ibnu ‘Abba>s, sedangkan Ibnu Abi> H{a>tim dari ‘Aliy bin H{usain dari Ibnu Numair dari Yu>nus bin Bukair dan seterusnya. Semua perawi dalam sanad ini s\iqah. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n, juz 11, hlm. 409; Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 6, hlm. 1781, hadis nomor 10043. Lihat pula: Abu> ‘Umar Na>di>, al-Maqbu>l min Asba>b an-Nuzu>l, hlm. 367.